PDAM Barsel Ganti Pipa Bagi Kelancaran Distribusi Air

id PDAM Barsel, PDAM Buntok, ganti pipa, distribusi Air, Direktur PDAM Barsel Mariyanto

PDAM Barsel Ganti Pipa Bagi Kelancaran Distribusi Air

Direktur PDAM Barsel, Kalteng, Mariyanto (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Perusahaan Daerah Air Minum kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menggantikan pipa baru bagi kelancaran distribusi air kepada masyarakat pelanggan di daerah itu.

"Terkait dengan pergantian pipa tersebut, kami akan menghentikan distribusi air kepada masyarakat pelanggan selama sehari pada kamis (7/4)," kata Direktur PDAM Barsel Mariyanto, S. AP di Buntok, Rabu.

Dia mengatakan, dimatikannya aliran selama sehari itu karena akan dilakukan pergantian pipa sepanjang 42 meter di jembatan jalan Merdeka Raya Buntok.

Ia mengatakan, digantinya pipa distribusi Galvanis Iron (GI) tersebut karena kondisi pipanya sudah keropos dan bocor akibat dimakan usia yang belum pernah diganti sejak tahun 1982 lalu.

Untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah lagi, kata dia, maka pihaknya mengganti pipa yang berada di Jembatan Jalan Merdeka Raya sepanjang 42 meter tersebut selama sehari pada kamis (7/4).

Pergantian pipa itu saat ini dinilai sangat tepat karena debit air sedang pasang sehingga mudah dilaksanakan. Jika dilaksanakan pada saat air surut akan sangat sulit lantaran jarak jembatan dengan air sungai hanya 20 meter.

"Selama pemasangan pipa, aliran PDAM akan distop sementara. Perkiraannya paling lama sekitar 8 jam," ujar Mariyanto.

Ia mengharapkan, masyarakat pelanggan bisa memaklumi rencana tersebut, sebab setelah pemasangan pipa distribusi Galvanis Iron (GI) itu diperkirakan selama 8 jam dan setelah pemasangan aliran air akan normal kembali.

"Terkait masalah tersebut, kita sudah menyampaikan pengumuman kepada masyarakat/pelanggan baik melalui Dinas Perhubungan maupun media massa. Kami berharap memaklumi usaha yang kami lakukan dengan tujuan bagi kelancaran distribusi air di masa mendatang," kata Mariyanto.