Barut Ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan Kalteng

id Barito Utara, Tandak Intan Kaharingan, Ompie Herby, Muara Teweh, festival Tandak Intan Hindu Kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Barut Ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan Kalteng

Wakil Bupati Barito Utara Ompie Herby dan pejabat setempat foto bersama usai pelepasan kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan setempat dalam rangka mengikuti Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalteng di Kuala Kurun, Gunung Mas,

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kontingen Kabupaten Barito Utara, mengikuti festival Tandak Intan Hindu Kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas pada 26-28 Nopember 2016.

"Festival Tandak Intan Kaharingan ini sudah tidak asing lagi bagi umat Hindu Kaharingan di Kalteng khususnya di Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi ataupun tingkat nasional," kata Wakil Bupati Barito Utara, Ompie Herby saat melepas kontingan setempat di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Ompie, penyelenggaraan festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalteng ini tentunya tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan iman umat Hindu Kaharingan saja.

Tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil, atau out come kegiatan pembelajaran agama Hindu Kaharingan yang berlangsung ditengah masyarakat melalui berbagai sekolah yang tersebar di Kabupaten Barito Utara khususnya, dan Kalimantan Tengah pada umumnya.

"Untuk itu marilah kita jadikan setiap penyelenggaraan festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab suci Intan Kaharingan di lingkungan keluarga, khususnya masyarakat Hindu Kaharingan," kata Ompie.

Wabup Ompie mengatakan melalui momen kegiatan ini marilah kita tingkatkan kerukunan umat beragama di Bumi Isen Mulang Kalimantan Tengah. Kepada seluruh peserta selamat mengikuti festival Tandak Intan Kaharingan tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

Raihlan prestasi yang tinggi, serta tetap junjung sportifitas dalam berlomba, jagalah nama baik diri sendiri serta Barito Utara, dan perlu saya ingatkan juga tetap jaga kesehatan selama mengikuti kegiatan, dan kepada para pendamping diharapkan dapat menjaga serta mengawasi anak-anak kita ini selama disana.

"Semoga kontingen Barito Utara yang mengikuti festival Tandak Intan Kaharingan di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas, selalu diberikan keselamatan serta kesehatan, dan dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan aman dan lancar," kata Ompie.