Barito Utara Gelar Kursus Mahir Lanjutan Pramuka

id Barito Utara, Kursus Mahir Lanjutan Pramuka, Bupati Barito Utara, Nadalsyah

Barito Utara Gelar Kursus Mahir Lanjutan Pramuka

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin foto bersama usai membuka kursus mahir lanjutan pramuka di Balai Benih Ikan Trinsing Kecamatan Teweh Tengah, Sabtu (26/11). Ist

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar kursus mahir lanjutan bagi pembina gugus depan pangkalan sekolah SD, SMP dan SMA setempat tahun 2016 di Balai Benih Ikan Trinsing Kecamatan Teweh Selatan.

"Kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan praja muda karana untuk mendidik dan membina kaum muda indonesia guna membangun mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual serta fisik yang prima," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Jainal Abidin di Balai Benih Ikan Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu.

Menurut dia, gerakan pramuka juga merupakan suatu wadah pembinaan serta pendidikan yang bersifat menantang tapi menarik bagi anak didiknya.

Sistem pendidikan dalam kepramukaan sejauh ini banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara karena ikut dalam meningkatkan pertumbuhan watak serta kepribadian peserta didik.

"Kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan dan berkelanjutan disetiap tingkatannya, tidak hanya teori-teori melainkan juga dengan simulasi yang menyenangkan sehingga peserta langsung terlibat dalam permainan yang mengandung pendidikan," kata dia.

Penyelengaraan KML merupakan kelanjutan dari kursus pembina mahir dasar (KMD) salah satu wujud upaya gerakan pramuka dalam ikut serta mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berwatak, bermoral serta memiliki budi pekerti yang luhur.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara sangat responsip dengan adanya Undang Undang Gerakan Pramuka nomor 12 tahun 2010 yang memperkuat eksistensi gerakan pramuka di Tanah Air.

"Sebagai majelis pembimbing sangat gembira di era kepemimpinan saya eksistensi kepramukaan di Kabupaten Barito Utara nampak nyata, mengukir prestasi, serta menyelenggarakan kursus pembina pramuka dalam mempersiapkan generasi muda yang berwatak dan bermoral serta memiliki budi pekerti yang luhur," kata dia.

Dia mengatakan, sebagai salah satu wujud nyata perhatian dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara dibuktikan dengan memberikan bantuan melalui APBD untuk mendukung kegiatan kepramukaan, baik operasional maupun sarana prasana.

"Saya berharap melalui penyelenggaraan KMLini kakak pembina memiliki tangung jawab besar dan benar-benar mengabdi serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi generasi muda," ujarnya.