Pemkot Siapkan Rp7 Miliar Selesaikan Pembangunan Rujab

id palangka raya, walikota palangka raya, riban satia, rujab wali kota palangka raya, rujab di jalan diponegoro

Pemkot Siapkan Rp7 Miliar Selesaikan Pembangunan Rujab

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya menyiapkan anggaran sebanyak Rp7 miliar untuk menyelesaikan pembangunan rumah jabatan Wali Kota Ibu Kota Provinsi Kaimantan Tengah ini.

"Pada 2017 nanti kita akan mengangarkan kurang lebih Rp7 miliar untuk menyelesaikan pembangunan rujab wali kota," kata Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia di Palangka Raya, Sabtu.

Wali Kota "Kota Cantik" ini mengungkapkan, pembangunan rumah jabatan yang berada di Jalan Diponegoro, Palangka Raya ini telah mencapai 80 persen.

"Proses rujab ini telah memasuki 80 persen. Pembanggunan telah memasuki tahap akhir seperti taman dan pafiliun," kata Wali Kota dua periode tersebut.

Rumah jabatan wali kota ini memiliki tiga bangunan utama yakni berada di paling depan ialah balai pertemuan atau pendopo yang kemudian diikuti bangunan aula pertemuan.

Sementara bagian paling belakang merupakan bangunan utama yang dijadikan sebagai rumah jabatan wali kota.

Rujab tersebut juga dilangkapi dengan kolam ikan mini, taman, beberapa gazebo, rumah betang mini, tempat parkir serta beberapa fasilitas pelengkap lain.

Hiasan pada bangunan tersebut juga mengadopsi budaya masyarakat Dayak Kalimantan Tengah seperti adanya ornamen burung tinggang, ukiran khas dayak serta berbagai ciri khas suku asli Kalimantan lainnya.

Pihaknya pun menargetkan pada akhir 2017 rumah jabatan yang dibangun bertahap selama beberapa tahun ini selesai dan diresmikan serta dapat dihuni.

"Pembangunan rumah jabatan ini bukan semata-mata demi keinginan dan saya semata tetapi pembangunan ini juga memperhatikan etika dan estetika serta budaya masyarkat Dayak dalam jangka panjang," katanya.