Selasa, 17 Oktober 2017

Pemkab Barut Optimis Ekonomi Meningkat 2017, Ini Alasannya

id barito utara, sekda barut, jainal abidin, harga batubara meningkat
Pemkab Barut Optimis Ekonomi Meningkat 2017, Ini Alasannya
Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin (Ist)
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah optimis tingkat pertumbuhan ekonomi di daerah setempat akan meningkat secara signifikan tahun 2017.

"Hal ini seiring membaiknya harga batu bara dan harga karet di tingkat para petani yang diharapkan dapat menimbulkan efek domino pada peningkatan pergerakan ekonomi riil di masyarakat," kata Sekretaris Daerah  Barito Utara (Barut), Jainal Abidin saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Selasa.

Menurut Sekda Jainal, dengan dilaksanakan kegiatan Musrenbang Kecamatan ini, SKPD lingkungan Pemkab Barito Utara agar segera membuat rancangan rencana kerja (Renja) dengan menyerap sebanyak mungkin usulan prioritas yang masuk.

Selanjutnya rancangan Renja SKPD inilah yang akan diangkat dan didiskusikan pada Musrenbang tingkat Kabupaten Barito Utara yang Insya Allah dilaksanakan pada minggu ke 3 bulan Maret 2017.

"Diharapkan Renja SKPD memasukan sebanyak mungkin usulan prioritas dari kecamatan. Sehingga prioritas program dan kegiatan pada masing-masing SKPD nantinya benar-benar mengakomodir usulan dari masyarakat disamping juga mengakomodir perencanaan dari program pemerintah pusat," katanya.

Jainal mengatakan, renja SKPD ini nantinya, akan di entri dan diupload pada sistim informasi perencanaan daerah e-planing batara plan, sistem secara otomatis akan mengunci usulan prioritas yang masuk yang telah disepakati oleh Pemda dan DPRD sehingga nantinya akan mengurangi kesenjangan antara usulan dan realisasinya dilapangan.

Kepada para Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar dapat memberi pengertian kepada masyarakat tentang keterbatasan kemampuan finansial daerah, sehingga tidak semua yang diusulkan dan disepakati dapat tertampung pada anggaran tahun depan.

Namun pada prinsipnya Pemda tetap akan berupaya untuk mengakomodirnya pada tahun anggaran berikutnya. Hal ini diperlukan kesabaran dan kebesaran hati jika usulannya ternyata belum dapat diakomodir.

"Oleh karena itu kepada para kepala SKPD saya minta untuk dapat mengakomodir usulan kegiatan prioritas secara lengkap dengan mencantumkan lokasi sasaran kegiatan pembangunan pada desa, kelurahan dan kecamatan sasaran pembangunan. Pilihlah prioritas kegiatan teratas atau kegiatan yang sangat prioritas bagi masyarakat," ujar Jainal Abidin.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga