Antara Gelar Pelatihan Kehumasan se-Kalteng

id kotawaringin timur, sampit, borneo, lkbn antara biro kalteng

Antara Gelar Pelatihan Kehumasan se-Kalteng

Ilustrasi. (Protokol Pemkab Kotim)

Sampit (Antara Kalteng) - Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Kalimantan Tengah, menggelar pelatihan kehumasan dan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dengan target peserta perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota.

"Kami sangat antusias karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam hal menyamakan persepsi bagian kehumasan pemerintah daerah dengan pers. Apalagi ini ada narasumber dari Komisi Informasi, jadi banyak hal yang bisa didapat," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Publik Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Jumat.

Pelatihan dan sosialisasi akan dilaksanakan di kantor Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur di Sampit pada Senin (6/3) pagi. Dua narasumber yang dihadirkan adalah Dr H Muhammad Yusuf M AP yang merupakan redaktur ANTARA dan Ketua Komisi Informasi Kalimantan Tengah, Satriadi. Peserta kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Publik Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Selain perwakilan satuan kerja perangkat daerah di Kotawaringin Timur, perwakilan sejumlah kabupaten juga sudah memastikan akan hadir.

Multazam berharap seluruh kabupaten dan kota mengirim perwakilan untuk mengikuti acara tersebut. Kegiatan itu memberi banyak manfaat bagi aparatur sipil negara, terlebih bagi mereka yang bertugas di bagian humas dan komunikasi publik.

"Kita akan mendapat banyak informasi tentang bagaimana harus bersikap terhadap masyarakat maupun pers. Sekarang sudah zamannya keterbukaan. Makanya kita harus benar-benar memahami itu supaya semuanya bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah," tambah Multazam.

Kepala Biro LKBN ANTARA Provinsi Kalimantan Tengah, Zaenal Abidin mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan 10 Windu LKBN ANTARA. Kegiatan ini juga merupakan sumbangsih ANTARA kepada daerah, khususnya dalam hal kehumasan, publikasi dan keterbukaan informasi publik.

"Kami sangat berterima kasih karena Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sangat menyambut baik kerja sama pelaksanaan acara ini. Tapi, kegiatan ini penting diikuti peserta dari kabupaten/kota lainnya karena menyangkut tugas dan fungsi mereka juga," kata Zaenal.

Kegiatan ini juga untuk lebih memasyarakatkan keberadaan LKBN ANTARA, khususnya di Kalimantan Tengah yang memberikan informasi melalui website www.antarakalteng.com. Zaenal berterima kasih kepada pemerintah kabupaten dan kota yang telah menjalin kerjasama yang baik dengan LKBN ANTARA.