Palangka Raya Bangun Sistem Data Kepegawaian Digital

id sistem data kepegawaian digital, bkpp palangka raya, Nyta Bianyta Rezza

Palangka Raya Bangun Sistem Data Kepegawaian Digital

Kepala BKPP Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah bertekad menerapkan sistem data kepegawaian secara digital dengan membangun sistem kepegawaian berbasis jaringan.

"Pada tahun ini kita targetkan data ASN dari seluruh OPD akan terintegrasi dengan BKPP, jadi kita nanti akan punya bank data pegawai yang ada," kata Kepala BKPP Kota, Nyta Bianyta Rezza saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Kamis.

Dia menambahkan, data integrasi ASN di "Kota Cantik" Palangka Raya ini nantinya juga akan mencakup rekam jejak pegawai. Langkah tersebut dilakukan pihaknya dengan memasukkan data E-PUPNS 2015.

"Karena data kepegawaian ini terus berubah maka data kepegawaian terintegrasi tersebut akan terus kita perbarui. Data itu mencakup rekam jejak pegawai dimulai sejak menjadi CPNS hingga terakhir bertugas," katanya.

Selain itu, sistem kepegawaian itu juga akan dilengkapi dengan hasil penilaian kinerja pegawai.

Dia menerangkan, pelayanan manajemen kepegawaian tersebut diterapkan demi meningkatkan profesionalitas, transparansi dan mengurangi penggunaan kertas.

Nantinya, berbagai urusan administrasi seluruh pegawai bisa diselesaikan dalam jaringan itu, antara lain kenaikan pangkat dan pensiun.

"Selain itu kita juga tengah membangun sistem kepegawaian pegawai tak tetap atau `simpti`. Fungsinya juga hampir sama yakni dalam rangka pengawasan dan peningkatan profesionalitas dan transparansi," katanya.