Langkah Cepat Bantu Korban Banjir, Bupati Kapuas Instruksi Dinas Serentak Turun ke Lokasi

id bupati kapuas, banjir di kapuas

Langkah Cepat Bantu Korban Banjir, Bupati Kapuas Instruksi Dinas Serentak Turun ke Lokasi

Banjir yang masih melanda di sejumlah lokasi di empat Kecamatan di Kabupaten Kapuas, Kamis. (Foto BPBD Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Tidak ingin warganya di empat Kecamatan yang terdampak banjir kesusahan, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengambil langkah cepat dengan memerintahkan dinas terkait untuk secara bersama sama turun langsung ke lokasi guna penanganan dan memberikan bantuan.

Meskipun sebagian bantuan sudah turun, dirinya menginginkan bantuan dilakukan secara lebih maksimal lagi.  "Sejak acara pelantikan Rabu lalu, saya sudah instruksikan langsung ke semua dinas terkait untuk turun ke lokasi banjir mendroping bantuan ke masyarakat yang terdampak banjir di wilayah tersebut, " kata Ben, Kamis (20/7/17). 

Bantuan sembako, katanya, kini sudah bergerak menuju lokasi banjir dan menambah pendirian posko bantuan termasuk untuk melakukan pelayan kesehatan. "Tim sudah turun sejak kemarin  (Rabu) guna memastikan kondisi masyarakat serta apa yang harus dilakukan dalam menangani korban terdampak banjir di sana," ucapnya. 

Selain dari BPBD dan dinas Sosial, dari dinas kesehatan untuk memberikan pelayanan terkait kesehatan warga disana, begitupun dinas pendidikan juga turun untuk memantau proses belajar mengajar yang tentunya sebagian terganggu akibat banjir yang terjadi termasuk dinas PU. 
"Masyarakat kiranya dapat sabar dan intinya pemerintah akan berupaya maksimal membantu kesulitan masyarakat. Jika ada keluhan misalnya kesehatan, segera beritahu tim atau ke posko yang ada disana," imbau Ben. 

Dia juga mengingatkan kepada orang tua untuk memperhatikan para anak anak agar tidak terlepas dari pantauan, baik soal makanan maupun kesehatannya saat banjir hingga paska banjir. 

"Selain siaga di sejumlah posko,  tim juga terus berkeliling memantau keadaan di sejumlah titik yang mengalami banjir," ucapnya. 

Ditambahkannya,  bantuan yang dilakukan ini tidak menggunakan dana pusat, namun menggunakan dana daerah Kabupaten Kapuas sendiri dan bekerja sama juga dengan Bulog sehubungan droping beras dan sebagian bahan sembako lainnya. 

Banjir melanda empat kecamatan di Kabupaten Kapuas yakni kecamatan Pasak Talawang,  mandau Talawang,  Kapuas Hulu dan Kapuas Tengah. Debit dan ketinggian air bervariatif, namun yang terparah masyarakat yang berada di aliran pinggir sungai, sedangkan yang di jalan poros Kecamatan masih tergolong aman.