Sip! 12 Poktan Binaan Mulai Panen Itik Pedaging

id ternak itik, poktan ternak itik, peternak itik bartim

Sip! 12 Poktan Binaan Mulai Panen Itik Pedaging

Kadis Pertanian Bartim Ir Riza Rahmadi saat melihat hasil panen ternak itik yang langsung disalurkan kepada pengepul yang siap menampung dan memasarkan ke konsumen. (Istimewa)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Sebanyak 12 kelompok tani binaan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah yang tersebar di Kecamatan Pematang Karau, Dusun Tengah dan Dusun Timur, mulai panen itik pedaging (bebek peking).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bartim, Ir Riza Rahmadi mengatakan, panen itik pedaging setiap hari secara bergantian terus dilakukan oleh dua belas poktan binaan ekonomi kerakyatan sesuai program Bupati Ampera AY Mebas. 

Hasil ternak itik pedaging yang mulai dipanen adalah hasil poktan ekonomi kerakyatan pemerintah daerah di Desa Pinang Tunggal, Kecamatan Pematang Karau. 
rata-rata hasil panen mencapai 500 ekor dengan berat rata-rata 1,5 kg per ekor," katanya di Tamiang Layang, Rabu. 

Hasil panen ternak langsung disalurkan kepada pengepul yang siap menampung dan memasarkan ke konsumen. 

Riza menegaskan, program pembinaan poktan itik merupakan hasil stimulan pemerintah untuk membuka bidang usaha baru masyarakat.

Diterangkan Riza, petani mendapatkan keuntungan setelah dipotong biaya bibit ternak beserta pakan dengan pola pemberdayaan masyarakat peternak.

"Tujuannya agar petani yang tergabung bisa memberikan manfaat dan mandiri," katanya. 

Secara terpisah, Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan, budidaya ternak unggas tersebut merupakan upaya pemerintah melihat peluang usaha yang berpotensi untuk petani.

"Saya mengintruksikan OPD teknis pelaksana melakukan pegawasan dan pengawalan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Harapannya memang supaya sektor peternakan unggas itik bisa berkembang di Bartim," katanya.