Kodim Sampit Optimalkan Babinsa Atasi Kekurangan Personel

id Kodim 1015 Sampit, sampit, kotim, Babinsa, Optimalkan Babinsa Atasi Kekurangan Personel, Letkol Inf I Gede Putra Yasa

Kodim Sampit Optimalkan Babinsa Atasi Kekurangan Personel

Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Inf I Gede Putra Yasa (kiri) melantik sembilan perwira setempat, Senin (20/11/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kodim 1015 Sampit, Kalimantan Tengah, mengoptimalkan keberadaan Bintara Pembina Desa atau Babinsa untuk mengatasi kekurangan personel yang saat ini masih dialami.

"Meski kekurangan personel, kami terus berusaha maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Kami optimalkan personel yang ada. Babinsa terus berputar untuk menjalankan tugas utama dan tugas-tugas tambahan," kata Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Inf I Gede Putra Yasa usai melantik sembilan pejabat setempat, Senin.

Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar selalu kondusif merupakan salah satu tugas pokok TNI. Namun ada sejumlah tugas lain yang kini diemban, di antaranya mendukung ketahanan pangan melalui cetak sawah, menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, serta tugas lainnya demi kepentingan masyarakat.

Ini menjadi tantangan bagi jajaran Kodim 1015 Sampit yang membawahi tiga kabupaten yakni Kotawaringin Timur, Katingan dan Seruyan. Untuk itu seluruh personel selalu diingatkan menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Saat ini Kodim 1015 Sampit memiliki 19 Koramil. Secara umum, jumlah Koramil yang tersebar di tiga kabupaten tersebut sudah cukup, namun jumlah personelnya masih kurang.

Kodim 1015 Sampit idealnya memiliki 808 personel, namun yang ada saat ini baru sekitar 250 orang. Setiap Koramil yang seharusnya minimal memiliki 30 personel, saat ini hanya diisi tujuh personel. Kondisi inilah yang memunculkan wacana pembentukan Kodim baru yaitu di Kabupaten Katingan dan Seruyan.

Saat ini tantangan berat dihadapi jajaran Kodim 1015 Sampit karena wilayah tiga kabupaten tersebut sangat luas, ditambah geografis yang rumit dan akses jalan darat yang masih terbatas. Putra Yasa mengaku bangga dengan dedikasi personelnya di lapangan yang tak surut menghadapi tantangan.

"Untuk itulah, kami tidak sembarangan dalam menempatkan Danramil. Banyak yang dipertimbangkan. Mereka harus mempunyai kemampuan mumpuni.

Harapan kami, dengan mutasi ini kinerja menjadi lebih meningkat sehingga positif bagi Kodim dan masyarakat," harap Putra Yasa.

Sementara itu, sembilan perwira yang dilantik adalah Kapten Inf Jali Ajirun sebagai Danramil 1015-18, Kapten Inf Wakijo Santoso sebagai Danramil 1015-11, Kapten Inf Sukatmin sebagai Danramil 1015-14, Kapten Inf Suraji sebagai Pasi Pers, Kapten Arh Sutomo sebagai Pasiter, Kapten Inf Bambang Yuli sebagai Danramil 1015-12, Kapten Inf Amir Fuadi sebagai Danramil 1015-01, Letda Inf Sunahar sebagai Danramil 1015-04 dan Letda Inf Darsi Eko Utomo sebagai Dan Unit Intel Kodim 1015 Sampit.