Bupati Barut Minta Para Camat Selalu Bersinergi

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, camat bersinergi

Bupati Barut Minta Para Camat Selalu Bersinergi

Bupati Barito Utara Nadalsyah (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah menekankan agar para camat selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan semua lini dan komponen baik yang berada di wilayah kecamatan maupun kabupaten setempat.

"Mengingat camat memegang peranan yang sangat strategis bahkan menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik, jangan sampai masyarakat merasa sulit dan terhambat ketika melakukan berbagai urusan di kecamatan," kata Bupati Nadalsyah di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Nadalsyah hal itu guna pemaksimalan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi pemerintah kecamatan dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan tugas-tugas pelayanan umum.

Hal itu juga sesuai Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 perubahan kedua UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

"Saya minta agar seluruh camat turut serta melakukan pembimbingan, pembinaaan, pengawasan dan evaluasi kepada seluruh kepala desa yang berada diwilayahnya masing-masing dalam perencanaan, pengelolaan dan pengunaan dana desa," katanya.

Sehingga dapat terhindar dari terjadinya kekeliruan terutama dalam pembuatan laporan keuangan maupun laporan surat pertanggungjawaban (SPJ) lainnya sesuai aturan dan ketentuan.

Nadalsyah juga berharap kepada camat agar tidak terlibat dalam politik praktis, yang pada gilirannya hanya akan menganggu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan publik.

"Sekali lagi tingkatkan kinerja dengan selalu berkoordinasi kepada seluruh komponen baik masyarakat maupun pemerintahan lainnya," ujar Nadalsyah.