Awasi Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru!

id dprd kotim, rudianur, sembako, kebutuhan pokok, harga kebutuhan pokok

Awasi Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru!

Ilustrasi (Ist)

Sampit (Antara Kalteng) - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rudianur meminta pemerintah kabupaten setempat untuk memantau dan mengawasi harga kebutuhan pokok di pasar.

"Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2017-2018 harga kebutuhan pokok sangat rawan dipermainkan pedagang dan tengkulak, untuk itu perlu adanya pengawasan dari pemerintah," katanya di Sampit, Senin.

Menurut Rudianur, selain rawan adanya permainan harga, menjelang perayaan hari besar agama juga rawan beredarnya barang yang tidak layak konsumsi, seperti makanan kedaluwarsa maupun makanan dan minuman yang tidak memiliki lebel halal.

"Juka hal ini sampai terjadi tentunya masyarakat yang dirugikan. Untuk itu perlu adanya peran pemerintah untuk melindungi masyarakat," katanya.

Peran pemerintah sangat diperlukan dalam mengintervensi harga kebutuhan di pasar agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga yang wajar dan terjangkau.

Rudianur juga berharap dalam menyambut perayaan Natal dan pergantian tahun pemerintah Kotawaringin Timur diharapkan menggelar pasar murah dengan menjual paket kebutuhan pokok.

Dengan adanya pasar murah tersebut diharapkan bisa membantu warga kurang mampu.

"Pasar murah hendaknya di gelar di wilayah kecamatan karena di daerah itulah banyak warga yang membutuhkan," ucapnya.

Selain kebutuhan pokok yang perlu mendapat perhatian, masalah keamanan juga sangat penting.

"Masalah keamanan memang menjadi tugas aparat kepolisian, namun peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas lingkungannya sangat diperlukan," ungkapnya.