270 Narapidana di Kalteng Dapat Remisi Natal

id Remisi Natal, Narapidana di Kalteng, Kanwil Kemenkumham Kalteng

270 Narapidana di Kalteng Dapat Remisi Natal

Ilustrasi (Foto ANTARA)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak 270 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di Kalimantan Tengah, menerima remisi Natal tahun 2017, dua diantaranya bebas usai menerima remisi tersebut. 

"Narapidana yang menerima remisi dalam rangka hari kebersamaan agama Kristen berjumlah 270 orang. Sebelumnya mereka juga sudah mengajukan mengenai remisi setiap menjelang hari keagamaan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng Anthonius M Ayorbaba di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, ada 268 narapidana yang mendapat remisi khusus (RK) I, sedangkan dua orang lainnya menerima RK II atau langsung bebas. Keduanya narapidana tersebut berasal dari Rutan Kelas IIA Palangka Raya dan Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur. 

"Pemberian remisi ini akan diserahkan ke masing-masing lapas dan rutan tepatnya pada tanggal 25 Desember 2017. Mengenai surat keterangan remisi akan disampaikan langsung oleh masing-masing Kepala Lapas dan Kepala Rutan setempat," katanya.

Narapidana yang mendapat remisi ini merupakan warga binaan pada 11 unit pelaksana teknis (UPT) Pemasyarakatan di Kalteng. Selanjutnya, jumlah narapidana yang bebas cuti bersyarat (CB) sebanyak 22 orang dan pembebasan bersyarat 22 orang. 

"Jumlah narapidana anak yang memperoleh remisi khusus Natal 2017 berjumlah 3 orang. Remisi merupakan hak narapidana. Tentunya remisi diberikan apabila napi memenuhi semua persyaratan," ucap Anthonius.

Anthonius menambahkan, semua narapidana yang menerima remisi itu tentunya mereka selama menjadi warga binaan selalu bertindak baik dan tidak melakukan hal-hal yang sifatnya merugikan Lapas dan Rutan. 

"Benar mereka yang mendapatkan remisi itu selalu berprilaku baik selama berada di Lapas dan Rutan. Bahkan mereka selalu membantu petugas setempat agar kondisi di mana dia di tahan selalu kondusif setiap harinya," demikian dia.