Kampung KB di Barito Selatan sebanyak 7 Desa

id kampung kb,barito seltan,barsel

Kampung KB di Barito Selatan sebanyak 7 Desa

Ilustrasi, Keluarga Berencana (KB). (nariyuniawati.blogspot.com)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah tercatat ada sebanyak tujuh kampung keluarga berencana.

"Tujuh Kampung Keluarga Berencana (KB) tersebut tersebar di enam kecamatan," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Barsel, Suryadi Kurnain, di Buntok, Senin.

Ia menjelaskan, tujuh desa tersebut yakni Kelurahan Rantau Kujang RT 6, Kecamatan Jenamas, Desa Lehai, Kecamatan Dusun Hilir, dan Hulu Tampang Kecamatan Dusun Utara.

"Kampung KB di Kecamatan Karau Kuala di Desa Babai, di Kecamatan Gunung Bintang Awai di Desa Marga Jaya," tambah dia.

Sedangkan kampung KB di Kecamatan Dusun Selatan lanjut Suryadi Kurnain, ada dua Desa, yakni Desa Kalahien, dan Desa Tanjung Jawa.

Menurut dia, tujuh desa tersebut dicanangkan sebagai kampung KB, karena keikutsertaan warganya terhadap program itu masih rendah sehingga perlu untuk ditingkatkan.

Ia mengatakan, pencanangan terhadap tujuh desa, dan kelurahan tersebut dilaksanakan pihaknya pada 2017 yang lalu.

"Pada 2018 ini pihaknya akan mengisi sejumlah program-program ke tujuh desa, dan kelurahan terkait hal itu seperti meningkatkan usia ideal pernikahan pertama, dan sejumlah program lainnya" kata dia.

Suriadi Kurnain berharap dengan adanya sejumlah program tersebut, keikutsertaan warga ditujuh desa, dan kelurahan terhadap program KB bisa meningkat.