Disbudpar Kalteng Kembangkan Wisata Hutan Tropis

id Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan, Wisata Hutan Tropis

Disbudpar Kalteng Kembangkan Wisata Hutan Tropis

Kadisbudpar Kalteng, Guntur Talajan. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah fokus mengembangkan objek wisata alam hutan tropis pada tahun 2018.

"Salah satu potensi wisata yang kita dorong untuk tahun ini ialah ekowisata. Pengelolaan hutan tropis kita yang dilengkapi lahan gambut serta air hitam akan kita optimalkan," kata Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan di Palangka Raya, Selasa.

Untuk itu, secara bertahap pihaknya akan melakukan penataan kawasan yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan pengembangan kawasan tersebut.

Selain itu penambahan fasilitas pendukung seperti jembatan dan gazebo, juga akan dilakukan guna membuat pengunjung semakin merasa nyaman dan betah.

Dia mengatakan Kalimantan Tengah memang tidak masuk dalam 10 kawasan destinasi prioritas pariwisata di Indonesia 2018 yang menjadi program Kementerian Pariwisata.

Meski demikian, pihaknya optimis kalau objek wisata di Provinsi berjuluk "Bumi Pancasila dan Bumi Tambun Bungai" ini tetap diminati wisatawan.

"Ke-10 destinasi yang menjadi prioritas tersebut mengandalkan pantai, danau dan gunung. Namun yang tidak ada di mereka ialah hutan tropis, tanah gambut, air hitam serta keberadaan orangutan. Ini ciri khas wisata di Kalteng," katanya.

Untuk itu, salah satu program prioritas Disbudpar Kalteng ialah mengembangkan sektor wisata alam.

Di antara objek wisata alam unggulan di Kalimantan Tengah ialah Taman Nasional Sabangau dan Taman Nasional Tanjung Puting yang salah satu andalannya ialah keberadaan mamalia langka yaitu orangutan.