Setiap desa harus miliki program unggulan

id DPRD Kotim,program unggulan,Handoyo J Wibowo,dana desa

Setiap desa harus miliki program unggulan

Ilustrasi (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kita berharap 77 kepala desa hasil pemilihan serentak yang baru di lantik tidak menemukan masalah dalam menyusun program pembangunan karena hal ini akan menentukan serapan anggaran
Sampit (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng, Handoyo J Wibowo meminta setiap desa di daerah itu harus memiliki program unggulan pembangunan.

"Program pembangunan unggulan sangat penting agar pembangunan yang dibiayai dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) bisa tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya di Sampit, Selasa.

Menurut Handoyo, kepala desa diharapkan bisa lebih fokus dalam menyusun dan melaksanakan program pembangunan, terutama bagi kepala desa yang baru dilantik.

"Kita berharap 77 kepala desa hasil pemilihan serentak yang baru di lantik tidak menemukan masalah dalam menyusun program pembangunan karena hal ini akan menentukan serapan anggaran," katanya.

Dengan adanya program pembangunan unggulan diharapkan bisa mempercepat pembangunan di desa.

"Pembangunan di desa masih belum tampak terlihat, baik itu terhadap peningkatan sektor infrastruktur maupun sektor pendukung lainnya. Jadi wajar jika masyarakat menuntut pembangunan desa lebih ditingkatkan lagi," terangnya.

Pembangunan di desa yang dibiayai DD dan ADD diharapkan mengakomodasi aspirasi masyarakat sehingga pembangunan bisa lebih bermanfaat.

Handoyo juga di minta kepala desa untuk lebih berhati-dalam menggunakan DD dan ADD sebab salah sedikit saja akan berurusan dengan aparat penegak hukum.

"Kelihatannya memang sepele masalah penggunaan anggaran, namun salah saja akan masuk penjara," katanya.

Kepala desa harus tertib administrasi, setiap penggunaan anggaran harus dipertanggungjawabkan.