Pemkab Barito Utara seleksi calon paskibraka 2018

id Paskibraka barito utara,seleksi calon paskibraka 2018,barut,Arbaidi

Pemkab Barito Utara seleksi calon paskibraka 2018

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara, Arbaidi (Ist)

Muara Teweh (Antaranews ) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat melakukan seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

"Seleksi calon anggota Paskibraka itu dijadwalkan pada tanggal 1 - 19 Maret 2018," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara, Arbaidi di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Arbaidi, seleksi calon anggota paskibraka ini terlebih dahulu dilaksanakan di sekolah-sekolah siswa SLTA di sembilan kecamatan di daerah ini dan tiap sekolah akan diambil empat orang dua putra dan dua putri.

Calon Paskibraka ini nantinya akan bertugas pengibaran bendara merah putih pada 17 Agustus 2018 baik tingkat kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalteng bahkan Nasional.

"Kita harapkan mulai sekarang para siswa yang memiliki kriteria tertentu menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi tersebut," katanya/

Arbaidi menjelaskan, jadwal seleksi masing-masing kecamatan antara lain Kecamatan Gunung Purei pada tanggal 1-2 Maret 2018, Kecamatan Teweh Timur tanggal 5-6 Maret 2018, Kecamatan Lahei Barat tanggal 7 Maret 2018, Kecamatan Gunung Timang tanggal 8 Maret 2018.

Kemudian pada tanggal 12 Maret 2018 seleksi dilaksanakan di Kecamatan Montallat, tanggal 13 Maret 2018 dilaksanakan di Kecamatan Lahei, tanggal 14 Maret 2018 dilaksanakan di Kecamatan Teweh Selatan, pada tanggal 15 Maret 2018 dilaksanakan di Kecamatan Teweh Baru dan pada tanggal 19 Maret 2018 dilaksanakan di Kecamatan Teweh Tengah.

"Dari masing-masing kecamatan ini nantinya akan kita rekrut sebanyak empat orang terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki. Sementara yang kita cari untuk calon anggota paskibraka sebanyak 44 orang diantaranya 23 perempuan dan 21 laki-laki," jelas dia.

Dia mengatakan pelaksanaan seleksi di sembilan kecamatan akan dilakukan secara langsung oleh Disbudparpora bersama tim yang berada dalam SK Paskibraka.

Sedangkan ditingkat Kabupaten nantinya, akan diseleksi oleh Disbudparpora Barito Utara, TNI, Polri dan pihak Dinas Kesehatan.

"Dalam seleksi calon anggota paskibraka ini kita harapkan dapat terciptanya anggota paskibraka yang berkualitas," ujar Arbaidi.