Legislator Kalteng nilai upaya Kobar kelola sampah perlu ditiru

id DPRD Kalteng,Kalimantan Tengah,Pengelolaan Sampah,Kotawaringin Barat

Legislator  Kalteng nilai upaya Kobar kelola sampah perlu ditiru

Anggota DPRD Kalteng Yustina Ismiati. (Foto Facebook Yustina Imiati)

Langkah pertama di Kabupaten Kobar sudah tercipta yaitu rasa malu membuang sampah. Lihat saja, Sulit menemukan orang membuang sampah sembarangan, apalagi dari dalam mobil
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Legislator Provinsi Kalimantan Tengah, Yustina Ismiati mengatakan cara Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam mengelola sampah perlu ditiru pemkab/pemkot se-Kalimantan Tengah.

Keberhasilan Kobar meraih Piala Adipura di antaranya atas keberhasilan mengelola sampah yang merupakan hasil kerja sama dan kerja keras pemkab bersama masyarakat itu perlu ditiru dan diterapkan di daerah lain, ujar Yustina di Palangka Raya, Selasa.

"Langkah pertama di Kabupaten Kobar sudah tercipta yaitu rasa malu membuang sampah. Lihat saja, Sulit menemukan orang membuang sampah sembarangan, apalagi dari dalam mobil," ucapnya.

Wakil Rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara ini menambahkan, kepala daerah bersama instansi terkait juga harus rutin turun langsung memantau kegiatan kebersihan di lapangan.

Yustina menyarankan pihak manapun yang melaksanakan tugasnya dengan baik dan konsisten patut diberi pengharga atau bonus/insentif agar menambah semangat bekerja secara optimal dan bertanggungjawab.

"Sarana dan prasaran kebersihan juga sebagai alat pendukung harus disiapkan sebaik mungkin. Tapi tetap yang utama adalah contoh kebersihan harus di mulai dari para pemimpin di daerah, lingkungan dinas/badan, dan individu masyarakat," ucapnya.

Anggota Komisi D DPRD Kalteng ini pun mengaku bangga bagian dari masyarakat Kabupaten Kobar. Sebab, semangat masyarakat dalam mewujudkan kebersihan wilayah tersebut meraih pengharga tertinggi bidang kebersihan dan sekarang tinggal bagaimana pemerintah daerah setempat melanjutkan apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

Politisi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini pun berharap Kota Palangka Raya sebagai ibukota Provinsi Kalteng dapat meraih piala Adipura sesuai mottonya yakni Kota Cantik.

"Palangka Raya juga adalah cerminan wajah Kalimantan Tengah, bagian dari salah satu barometer penilain masyarakat luar yang datang ke provinsi ini," demikian Yustina.