BPBD siaga, walau belum ada laporan banjir di lamandau

id bpbd lamandau,Masdiani,banjir lamandau

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamandau, Masdiani. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, Masdiani mengaku sampai saat ini belum menerima laporan adanya terjadi banjir di desa dari warga maupun petugas pemerintah.

Seluruh personil BPBD Kabupaten Lamandau telah diperintahkan untuk rutin melakukan pemantauan ke berbagai desa dan segera mengambil tindakan apabila ditemukan ada yang mengalami bencana, kata Masdiani di Nanga Bulik, Selasa.

"Kondisi cuaca di Kabupaten Lamandau sekarang ini memang sulit untuk diprediksi. Kadang panas, namun tiba-tiba hujan. Jadi kami selalu rutin melakukan monitoring, khususnya di sejumlah desa yang menjadi titik rawan banjir," tambahnya.

Mengenai adanya informasi bahwa akses jalan di salah satu desa terputus akibat tergenang banjir, tidak sepenuhnya benar. Sebab hasil pantuan langsung di lapangan, jalan tersebut hanya sebentar tergenang air karena tingginya curah hujan.

Masdiani mengatakan sampai sekarang ini seluruh jalan menghubungkan antar desa dan kecamatan di Kabupaten Lamandau tidak ada yang terputus akibat curah hujan dan masih dapat dilalui kendaraan.

"Beberapa hari yang lalu, ada informasi itu. Tetapi genangan air di jalan tidak terlalu lama sehingga masyarakat masih bisa beraktivitas. Personil kita memang selalu sigap bergerak apabila ada mengetahui atau menerima informasi terjadi banjir di satu wilayah," ucapnya.

Meski begitu, Kepala BPBD Kabupaten Lamandau ini berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya di daerah rawan banjir agar tetap waspada. Apabila ada terjadi banjir agar langsung melaporkan kepada aparatur desa atau BPBD Kabupaten.

Dia mengatakan berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologo dan Geofisika (BMKG) provinsi Kalteng, hingga bulan April mendatang, curah hujan di Kabupaten Lamandau masih dengan intensitas sedang.

"Itu kenapa Kita menghimbau masyarakat agar segera melapor jika wilayahnya mengalami kebanjiran. Kita dari BPBD akan langsung melakukan penanganan," demikian Masdiani.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar