Sip! Telkom bantu Rp4 miliar permodalan UMKM Palangka Raya-Pulpis

id Telkom Kalteng,Telkom Kalteng bantu permodalan UMKM,Puluhan UMKM mendapat bantuan permodalan dari Telkom,Kalimantan Tengah,Palangka Raya,pulpis

Sip! Telkom bantu Rp4 miliar permodalan UMKM Palangka Raya-Pulpis

PT Telkom bersama PLUT Kalteng dan pelaku UMKM usai mengikuti acara penyaluran secara resmi bantuan permodalan, di Palangka Raya, Jumat. (Foto: humas Telkom)

PT Telkom memang sudah berkomitmen untuk membantu UMKM yang ada di Kalteng. Target kami bisa menyalurkan sebesar Rp4 miliar untuk dana pengembangan modal usaha UMKM melalui Program Kemitraan 2018
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - PT Telkom wilayah Kalimantan Tengah di triwulan I tahun 2018 kembali menyalurkan bantuan permodalan sebesar Rp1,2 miliar sebagai upaya mengembangkan Usaha mikro kecil dan menengah yang ada di provinsi ini.

Dana sebesar Rp1,2 miliar tersebut disalurkan kepada 41 UMKM yang ada di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau, kata GM Telkom Kalteng, Mustadi saat membuka Sosialiasi Virtual Account, Pembekalan dan Penyaluran Mitra Binaan di Palangka Raya, Jumat.

"PT Telkom memang sudah berkomitmen untuk membantu UMKM yang ada di Kalteng. Target kami bisa menyalurkan sebesar Rp4 miliar untuk dana pengembangan modal usaha UMKM melalui Program Kemitraan 2018," tambahnya.

Bantuan dana yang disediakan dan disalurkan PT Telkom Kalteng bukan dana hibah, melainkan pinjaman lunak dengan jasa hanya sekitar 3 persen per tahun, sehingga tidak terlalu memberatkan pelaku UMKM.

Dia mengatakan mengatakan PKBL Telkom ini merupakan bagian peran Telkom sebagai BUMN Hadir untuk Negeri. Untuk itu diharapkan semakin banyak mitra UMKM yang membawa ciri khas produk Kalteng bergabung dengan PKBL Telkom.

"Pada triwulan II tahun 2018, target kami 40 persen dana kemitraan akan disalurkan ke sektor usaha yang membawa khas Kalteng, yakni home industri, kerajinan dan produk kuliner," kata Mustadi.

Acara sosialiasi Virtual Account, Pembekalan dan Penyaluran Mitra Binaan PT Telkom tersebut turut dihadiri Kepala Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas UMKM Prov Kalteng Hary Araiyanto, Manager HR & CDC Dwi Anggara dan Officer PKBL Imam Sugiono serta para mitra UMKM binaan Telkom Kalteng.

Direktur PLUT UMKM Kalteng, Hary Araiyanto pun mengapresiasi PT Telkom atas perannya dalam pengembangan UMKM di Kalteng. PT Telkom melalui PKBL nya sesuai harapan yang diinginkan Pemerintah untuk menggerakkan sektor riil khususnya UMKM.

Dia mengatkan salah satu peran PLUT sesuai yang ditugaskan pemerintah adalah membantu mensolusikan akses pembiayaan usaha UMKM. Dan Program Kemitraan Telkom ini menjadi solusi tepat.

"Banyak mitra binaan PLUT yang terbantu dengan dana usaha dari Telkom, kata Hary sembari memaparkan layanan PLUT untuk UMKM yaitu bidang kelembagaan, produksi,diklat, pembiayaan dan promosi/pemasaran.