PWI Kalteng terus dorong peningkatan kompetensi wartawan

id pwi kalteng, H Sutransyah, PWI Kotim

PWI Kalteng terus dorong peningkatan kompetensi wartawan

Ketua PWI Kalteng, H Sutransyah berfoto dengan pengurus PWI Kotim yang meraih penghargaan sebagai PWI paling kreatif dan inovatif. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, terus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan di daerah itu agar menjalankan tugas jurnalistiknya dengan baik sehingga bisa memberikan informasi berkualitas.

"Dari 397 anggota PWI Kalimantan Tengah yang aktif, yang sudah mengikuti UKW (uji kompetensi wartawan) dan dinyatakan berkompeten, ada sekitar 69 persen. Kami berharap sebelum akhir masa periode kami nanti (tahun 2019), minimal bisa mencapai 90 persen," kata Ketua Ketua PWI Kalimantan Tengah, H Sutransyah di Palangka Raya, Jumat.

Menurut Sutransyah, wartawan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat. Informasi yang diberikan harus mengacu pada kode etik jurnalistik agar membawa dampak positif dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Untuk itulah PWI memberlakukan uji kompetensi wartawan. Kegiatan itu untuk mengukur kompetensi wartawan anggota PWI terhadap bidang pekerjaan yang mereka jalani selama ini.

Uji kompetensi wartawan memang bukan jaminan seorang wartawan tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran aturan. Namun melalui uji kompetensi, setidaknya wartawan memang menguasai teknis bidang pekerjaannya, memahami tugas dan tanggung jawabnya serta tahu betul rambu-rambu dalam pelaksanaan tugasnya.

Sutransyah mengimbau perusahaan pers memfasilitasi wartawannya untuk mengikuti uji kompetensi wartawan. Apalagi, kompetensi merupakan salah satu syarat yang akan dipertanyakan oleh Dewan Pers saat melakukan verifikasi media massa.

Banyak manfaat yang akan didapat wartawan setelah mengikuti uji kompetensi wartawan. Kompetensi juga akan menjadi penilaian tersendiri bagi narasumber terhadap wartawan yang akan mewawancari mereka.

"PWI Kalimantan Tengah sudah melaksanakan delapan kali uji kompetensi wartawan. Tahun ini rencananya ada dua PWI kabupaten yang akan melaksanakan uji kompetensi wartawan, yakni PWI Kabupaten Kotawaringin Timur dan PWI Kabupaten Pulang Pisau," sambung Sutransyah.

Terkait peringatan Hari Pers Nasional 2018 dan HUT ke-72 PWI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dipusatkan di Buntok Kabupaten Barito Selatan pada Kamis (15/3) malam, Sutransyah berharap ini dijadikan momen untuk terus memacu peningkatan kualitas dan profesionalitas seluruh insan media, khususnya anggota PWI Kalimantan Tengah.

Sutransyah juga mengimbau insan pers memposisikan diri untuk netral dalam pesta demokrasi. Media massa juga harus turut menjaga keamanan dan ketertiban agar pemilu kepala daerah dan pemilu serentak.