Manfaatkan penambahan penerbangan untuk tingkatkan promosi pariwisata Kalteng

id wagub ismail,penerbangan,kalteng,batik air

Manfaatkan penambahan penerbangan untuk tingkatkan promosi pariwisata Kalteng

Seorang pramugari berdiri dengan latar belakang pesawat Batik Air jenis Boeing 737-900 ER. (ANTARA FOT/Hand Out/Ari)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail mengajak semua pihak memanfaatkan penambahan maskapai penerbangan Palangka Raya-Jakarta dan sebaliknya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi pariwisata yang ada di provinsi ini.

"Disbudpar Kalteng harus menyiapkan brosur memuat kekayaan dan kekhasan provinsi untuk bahan bacaan para penumpang agar tertarik datang ke lokasi wisata," kata Wagub Ismail saat meresmikan penerbangan Batik Air Rute Palangka Raya-Jakarta, di Bandara Tjilik Riwut, Kamis.

Dikatakan, semakin banyak penerbangan di Kalteng maka akan semakin mendongkrak perekonomian. Hal ini harus bisa kita manfaatkan untuk mempromisikan Kalteng. Jadi penambahan penerbangan harus dilihat dari sisi luas.

Menurut Orang nomor dua di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini, jika dilihat dari jumlah penerbangan di Kalteng maka masih bisa disebut kurang, sehingga kedepan diharapakan rute penerbangan langsung ke beberapa daerah dibuka.

Dia mengatakan dalam waktu dekat Provinsi Kalteng akan memiliki terminal Bandara Tjilik Riwut baru yang lebih lebar dan megah. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan jumlah maskapai yang melayani penerbangan.

"Saya rasa perlu juga membuka jalur penerbangan ke wilayah timur, seperti Manado, Makasar, Bali bahkan Jogjakarta, yang kita tahu banyak penduduk Kalteng kuliah di sana. Jadi kedepan, pemerintah menginginkan ada penambahan," ucap Ismail.

Semakin banyak penerbangan langsung ke provinsi ini, maka wisatawan yang berkunjung akan semakin meningkat. Contohnya saja penerbangan langsung ke Bali. Apabila jalur tersebut dibuka untuk Palangka Raya, maka bukan tidak mungkin wisatawan mancanegara yang berkunjung di Bali juga melirik wisata yang ada di Kalteng.

Dia mengatakan ini juga sekaligus mendukung upaya pemerintah, yang pada tahun depan lebih menggenjot pengembangan sektor pariwisata. Apalagi, ucapnya, sektor kepariwisataan di provinsi ini tidak kalah dengan provinsi lainnya.

"Rencana di Sebangau akan dilakukan peningkatan sarana dan prasarananya, termasuk lokasi pariwisata lainnya. Langkah seperti ini, maka dampak baik dari penambahan rute penerbangan ke Kalteng akan sangat besar," demikian Ismail.