DPRD minta SOPD Pemkab Kotim kreatif gali PAD

id dprd kotim, sopd kotim PAD

DPRD minta SOPD Pemkab Kotim kreatif gali PAD

Wakil Ketua DPRD Kotim, Parimus SE. (dprd-kotimkab.go.id)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Parimus meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk lebih kreatif dalam menggali Pendapatan Asli Daerah.

"Sekecil apapun nominal pajak hendaknya SOPD mengelola dengan baik, jadi tidak hanya terfokus pada sumber PAD yang besar saja," katanya di Sampit, Minggu.

Parimus juga minta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SOPD) agar tegas dalam menarik sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari objek yang sudah terdata.

"SOPD pemungut PAD wajib mendata pot3nsi sumber PAD baik itu besar maupun kecil untuk mempermudah pengelolaan dan pemantauan," tegasnya.

Parimus mengatakan, salah satu potensi sumber PAD besar namun belum tergarap adalah melalui pembentukan?BUMD. Baik itu melalui perkebunan, pertanian, kepelabuhan maupun sektor lainnya yang mampu menghasilkan pemasukan besar.

"Terkait PAD yang masih?terkendala?dari objek tidak patuh, saya berharap ada cara untuk tetap bisa menarik PAD dari pihak tersebut," ucapnya.

Perimus mengatakan, selama ini target perolehan PAD yang ditetapkan SOPD masih belum sesuai dengan harapan atau belum maksimal.

Dia melihat masih ada SOPD yang sengaja menargetkan perolehan PAD rendah agar bisa dicapai bahkan dilampaui targetnya sehingga menghasilkan kesan sebuah prestasi.

Karena itu, dia meminta kepada pemerintah untuk melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di setiap SOPD tiap akhir tahun. Dengan adanya evaluasi tersebut, diharapkan dapat diketahui kendala yang dihadapi.

"Pemerintah juga harus bisa memberikan dan mencarikan solusi alternatif atas kendala yang dihadapi SOPD. Tujuan dari evaluasi tersebut agar dalam menetapkan target perolehan PAD sesuai dengan sektor yang ditanganinya," demikian Parimus.