Pengendara motor ke Palangka Raya diimbau tingkatkan kewaspadaan

id pengendara sepeda motor,dprd palangka raya, sugianor

Pengendara motor ke Palangka Raya diimbau tingkatkan kewaspadaan

Pengendara sepeda motor diberikan sanksi tilang lantaran saat mengendarai kendaraannya salah satu diantaranya tidak menggunakan helm. (Foto Polda Kalteng)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Para pemudik perorangan yang menggunakan motor atau kendaraan roda dua agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan bakal ramainya arus jalur lalu lintas antar daerah di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya mengimbau kepada umat warga yang akan kembali ke Palangka Raya usai merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah di kampung halamannya agar selalu berhati-hati di selama peerjalanan terutama yang menggunakan kendaraan pribadi terlebih menggunakan sepeda motor," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, Minggu.

Sugianor mengatakan, dari pemantauan setiap tahun usai Lebaran jumlah masyarakat dari luar Kota Palangka Raya yang datang ke Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini terus meningkat.

"Oleh karena itu para pemudik agar waspada dan hati-hati berkendaraan. Terlebih di sepanjang jalur Trans Kalimantan yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan sejumlah kabupaten lain di Kalimantan Tengah maupun menghubungkan ke Provinsi di luar Kalimantan Tengah rawan kecelakaan," katanya.

Di sisi lain, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD "Kota Cantik" ini pun menyarankan pemudik tidak menumpang di bak mobil terbuka.

"Kendaraan bak terbuka bukan untuk mengangkut orang, dan tidak memenuhi standar untuk keselamatan penumpang. Saya juga meminta petugas di Posko Lebaran untuk memberikan pengertian dan peringatan khusus jika mendapati pengemudi menggunakan bak terbuka untuk angkutan orang," katanya.

Pria yang juga sebagai Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah ini mengingatkan agar para pengendara tidak ngebut.

Sementara itu, Wakapolres Palangka Raya, Kompol M Z Rofik, juga mengimbau para pemudik untuk selalu menaati rambu dan aturan dalam berlalu lintas.

"Para pemudik maupun yang mau kembali ke Kota Palangka Raya juga harus memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan laik jalan serta tak membawa barang serta penumpang berlebihan guna memastikan keamanan selama perjalanan," katanya.