Barito Utara beri vaksin rabies 189 hewan

id Rabies,Barito Utara beri vaksin rabies 189 hewan,Barut,Barito Utara,Muara Teweh,Setia Budi

Barito Utara beri vaksin rabies 189 hewan

Petugas Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Barito Utara memberikan suntikan vaksin rabies di Desa Majangkan, Kecamatan Gunung Timang (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada Januari-Mei 2018 telah memberikan vaksin penyakit rabies sebanyak 189 ekor hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing dan kera di desa Manjangkan, Kecamatan Gunung Timang.

"Pemberian vaksin rabies ini untuk antisipasi atau pencegahan penularan penyakit rabies dari hewan ke manusia dengan menurunkan petugas ke desa Majangkan, sesuai dengan usulan masyarakat," kata Kadis Pertanian Barito Utara, Setia Budi, di Muara Teweh, Jumat.

Sebanyak 189 ekor hewan yang diberikan vaksin, tercatat 97 ekor adalah anjing dan 92 ekor kucing yang dipelihara masyarakat.

Baca juga: Barito Utara Vaksinasi Rabies 4.627 Hewan

Pihaknya merencanakan pemberian vaksin rabies di desa Bukit Sawit, Kecamatan Teweh Selatan, sesuai pengusulan Kades setempat.

Kepastian ke desa yang berada di kawasan perkebunan plasma kelapa sawit itu belum ditentukan, karena tergantung Kepala Desa setempat mengkoordinir warganya.

Dia juga mengatakan berdasarkan laporan dari masyarakat di Kecamatan Teweh Tengah ada satu kasus anak yang digigit anjing saat sedang bermain-main.

Baca juga: 486 Hewan di Barito Utara Divaksinasi

Terhadap anak tersebut sudah dilakukan penanganan (diobati) dan kondisinya baik-baik saja, sedangkan anjingnya meski diduga tidak mengidap rabies, tetapi tetap diberikan vaksin.

Budi yang didampingi Kabid Peternakan Indah Utari mengimbau masyarakat yang membutuhkan pemberian vaksi terhadap hewan mereka bisa ke kantor Dinas Pertanian Barito Utara karena petugas bidang peternakan siap melayani.

Dinas Pertanian Barito Utara pada 2017 telah melakukan pemberian vaksin rabies sebanyak 4.627 ekor hewan peliharaan di enam dari sembilan kecamatan.