Tuan rumah FTIK Kalteng, Bartim bersiap raih juara umum

id FTIK, FTIK Kalteng, bupati bartim,FTIK Bartim

Tuan rumah FTIK Kalteng, Bartim bersiap raih juara umum

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengalungkan tanda peserta sebagai tanda dimulainya Festival Tandak Intan Kaharingan tahun 2018 tingkat Kabupaten Bartim di Tamiang Layang, Senin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta 208 peserta yamg bertanding dalam Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) tingkat Kabupaten Bartim mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik, karena harus bisa bersaing di FTIK tingkat Provinsi Kalteng nantinya.

"Kabupaten Bartim sebagai tuan rumah FTIK tingkat Provinsi Kalteng harus bersiap. Minimal bisa meraih juara umum," kata Ampera usai pembukaan FTIK tingkat Kabupaten Bartim di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, peserta yang mengikuti festival itu harus benar-benar yang terbaik dari 10 Kecamatan yang ikut serta. Sehingga dalam mengikuti FTIK tingkat provinsi Kalteng bisa bersaing dengan kabupaten lainnya.

Dari peserta yang tampil dan menang FTIK tingkat Kabupaten Bartim, Ampera menyarankan adanya pembinaan secara intensif oleh Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kabupaten Bartim. Tujuannya agar peserta yang menang akan menampilkan yang terbaik dan berkualitas dalam pertandingan FTIK tingkat Provinsi Kalteng.

Ketua Panitia Pelaksana FTIK Kabupaten Bartim, Saniadi mengatakan, peserta yang ikut sebanyak 208 orang untuk mengikuti beberapa kategori seperti Kandayu, Karungut, Tandak, Panaturan dan Pandehen.

"Kita akan melakukan seleksi yang ketat untuk menghasilkan yang terbaik," kata Saniadi yang juga sekaligus sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Bartim itu.

Menurutnya, dalam festival ini diadakan di dua lokasi, yakni di aula Diknas Bartim untuk kategori remaja dan di Balai Kaharingan untuk kategori anak-anak.