Kecamatan Kurun berhasil pertahankan juara umum FTIK Gumas

id Festival Tandak Intan Kaharingan,FTIK Gumas,Kecamatan Kurun berhasil pertahankan juara umum FTIK Gumas

Kecamatan Kurun berhasil pertahankan juara umum FTIK Gumas

Sekda Gumas Yansiterson (tengah) didampingi istri dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas Binharta (kiri) saat menghadiri malam penutupan FTIK VIII tingkat kabupaten, di GPU Damang Batu, Kamis (21/11/2019) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah berhasil mempertahankan status sebagai juara umum Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) ke VIII tingkat kabupaten.

“Selamat kepada semua pemenang cabang lomba pada FTIK,” kata Bupati Gumas Jaya S Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Gumas Yansiterson saat menutup FTIK VIII di Kuala Kurun, Kamis malam.

Dengan telah selesainya kegiatan ini, dia berharap umat dapat semakin meningkatkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya, menyampaikan pesan, nasehat dan moral keagamaan yang bernafaskan ajaran Kaharingan.

Baca juga: Peserta FTIK VIII Gumas diminta berlomba dengan sportif

Oleh sebab itu, lanjutnya, diperlukan keseriusan dari semua pihak untuk terus bereksplorasi dalam meningkatkan rasa cinta dan kegemaran umat Hindu Kaharingan, khususnya di kalangan generasi muda.

“Saya yakin, jika nilai seni dan budaya Kaharingan dilakukan dengan baik, terarah dan berkesinambungan, maka akan dapat meningkatkan fungsi pembentukan mental, derajat, serta memberi prestasi,” tuturnya.

Kepada umat diminta agar menjadikan ajaran Kaharingan sebagai pedoman dalam kehidupan, demi keselamatan, kesejahteraan dan kedamaian dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk kehidupan dunia akhirat.

Baca juga: Ragam lomba pada Festival Tandak Intan Kaharingan VIII Gumas

Lebih lanjut, Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan Kabupaten Gumas diharap lebih memaksimalkan program, memperhatikan dengan serius upaya pengembangan dan pembinaan, guna menghadapi FTIK tingkat provinsi.

Sementara itu, Ketua Panitia FTIK VIII Kabupaten Gumas Ilwis bersyukur pelaksanaan FTIK dapat berjalan dengan baik dan lancar, dengan diikuti oleh kontingen yang berasal dari 12 kecamatan di kabupaten itu.

Dia juga mengapresiasi seluruh peserta yang telah berkompetisi pada setiap kategori cabang lomba pada FTIK. Menurutnya, seluruh peserta berlomba dengan semangat dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Para juara, baik juara 1, 2 maupun 3, mendapat piala, piagam penghargaan, serta uang pembinaan. Sedangkan juara umum mendapat piala tetap, uang pembinaan, piagam penghargaan, dan berhak membawa piala bergilir,” jelas Ilwis.

Baca juga: Tuan rumah FTIK Kalteng, Bartim bersiap raih juara umum

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar