Ragam lomba pada Festival Tandak Intan Kaharingan VIII Gumas

id Festival Tandak Intan Kaharingan,Panitia FTIK VII Kabupaten Gumas, agama Hindu Kaharingan,Ratusan peserta ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan VIII

Ragam lomba pada Festival Tandak Intan Kaharingan VIII Gumas

Bupati Gumas Jaya S Monong (kiri) menyerahkan tropy juara umum FTIK kepada Ketua Panitia Ilwis untuk diperebutkan kembali oleh kontingen dari 12 kecamatan, saat pembukaan FTIK VIII Kabupaten Gumas, di GPU Damang Batu, Senin (18/11/2019) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ratusan peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengikuti Festival Tandak Intan Kaharingan ke VIII tingkat kabupaten, di Kuala Kurun, 18-22 November 2019.

“Ada 900-an peserta termasuk pendamping, penggembira, peserta lomba dan lainnya, yang berasal dari 12 kecamatan se-Kabupaten Gumas,” ucap Ketua Panitia FTIK VII Kabupaten Gumas Ilwis saat pembukaan FTIK VIII di Kuala Kurun, Senin malam.

Dia mengatakan, ada belasan cabang lomba dengan puluhan kategori pada pelaksanaan FTIK VIII Kabupaten Gumas, yakni kandayu beregu dan perorangan (kidung rohani), dan tandak (manandak).

Baca juga: Barito Selatan utus 75 peserta ke Festival Tandak Intan Kalteng

Cabang lomba selanjutnya adalah pembacaan kitab suci Panaturan dan penerjemahannya, penyampaian pandehen (siraman rohani), cerdas cermat, tarian bernafaskan agama Hindu Kaharingan, karungut bernafaskan agama Hindu Kaharingan.

Lalu vocal group lagu rohani bernafaskan agama Hindu Kaharingan, balian karunya, menyiapkan sarana dan prasarana ritual, badeder bernafaskan agama Hindu Kaharingan, dan exebisi tasai saluang murik.

“Juara umum sebelumnya adalah Kecamatan Kurun. Selama kegiatan, para peserta tersebut diinapkan di rumah penduduk di Kelurahan Kuala Kurun dan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun,” bebernya.

Baca juga: Festival Tandak Intan Kaharingan Kapuas Ajang Pererat Tali Persaudaraan

Lebih lanjut, pelaksanaan lomba akan dipusatkan di GPU Damang Batu untuk semua cabang lomba kategori dewasa dan anak-anak, serta aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Gumas untuk kategori remaja putra dan putri.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten mendukung penuh setiap kegiatan pembinaan keagamaan di wilayah setempat, tanpa membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lain.

Dia menyambut baik pelaksanaan FTIK VIII Kabupaten Gumas, dan berharap kegiatan ini dapat memberi dampak positif dalam rangka penguatan kerukunan umat beragama di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Semua peserta silahkan berlomba dengan sebaik-baiknya serta mengikuti peraturan yang telah ditentukan. Yang terutama dari kegiatan ini adalah kita dapat berjumpa dan saling mengenal lebih dekat,” demikian Jaya.

Baca juga: Ini Pemenang Juara Festival Tandak Intan Kaharingan di Gunung Mas

Baca juga: 839 Peserta Ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan di Gunung Mas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar