Peserta FTIK VIII Gumas diminta berlomba dengan sportif

id Festival Tandak Intan Kaharingan VIII,Peserta FTIK VIII Gumas,Peserta FTIK VIII Gumas diminta berlomba dengan sportif

Peserta FTIK VIII Gumas diminta berlomba dengan sportif

Ketua LPT-IK Kabupaten Gumas Polie L Mihing saat menyampaikan sambutan pada pembukaan FTIK VIII Kabupaten Gumas, di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (18/11/2019) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Polie L Mihing meminta peserta Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) VIII kabupaten itu agar berlomba dengan sportif.

“Berlomba dengan sportif dan semangat, ikuti aturan yang telah ditetapkan, sertahkan semua penilaian kepada dewan juri,” ucapnya saat menyampaikan sambutan pada pembukaan FTIK VIII Kabupaten Gumas, di Kuala Kurun, Senin malam.

Disamping itu, Polie yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Gumas meminta kepada dewan juri agar menilai dan menetapkan juara sesuai penampilan peserta, sehingga nantinya yang terbaik yang akan menjadi pemenang.

Baca juga: Pererat persatuan melalui Festival Tandak Intan Kaharingan VIII Gumas

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa FTIK dilaksanakan pada setiap tahun, dengan rincian khusus tahun ganjil dilaksanakan di tingkat kabupaten dan khusus tahun genap dilaksanakan di tingkat provinsi.

Oleh sebab itu, LPT-IK kecamatan diminta agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, sehingga pemerintah kecamatan dapat menganggarkan dana untuk memberangkatkan kontingen, guna mengikuti FTIK kabupaten.

Diapun meminta pemerintah kabupaten agar memperhatikan umat. Agama Kaharingan, lanjutnya, adalah agama leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan, karena merupakan salah satu jati diri suku Dayak.

Baca juga: Ragam lomba pada Festival Tandak Intan Kaharingan VIII Gumas

“Atas nama LPT-IK Kabupaten Gumas, saya mengucap syukur atas terselenggaranya FTIK VII Kabupaten Gumas. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak, agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar,” tuturnya.

Bupati Gumas Jaya S Monong juga mengingatkan kepada pemerintah kecamatan agar nantinya jangan sampai tidak menganggarkan dana untuk memberangkatkan kontingen, guna mengikuti kegiatan FTIK kabupaten.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini menyatakan selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan seperti FTIK, Musabaqah Tilawatil Quran dan Pesta Paduan Suara Gerejawi.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemkab Gumas sangat mendukung FTIK dan kegiatan keagamaan lainnya, karena itu merupakan pembinaan kepada masyarakat di bidang keagamaan,” demikian Jaya.

Baca juga: Barito Selatan utus 75 peserta ke Festival Tandak Intan Kalteng

Baca juga: Festival Tandak Intan Kaharingan Kapuas Ajang Pererat Tali Persaudaraan

Baca juga: Ini Pemenang Juara Festival Tandak Intan Kaharingan di Gunung Mas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar