Partai Demokrat Kotim optimistis tambah perolehan kursi

id Partai Demokrat Kotim optimistis tambah perolehan kursi,DPRD Kotim,Pemilu,Parimus

Partai Demokrat Kotim optimistis tambah perolehan kursi

Ketua DPC Partai Demokrat Kotim, Parimus menyerahkan secara simbolis berkas daftar bakal calon legislati partainya kepada Ketua KP Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, Minggu (15/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Partai Demokrat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, optimistis mampu meningkatkan perolehan kursi legislatif pada pemilu tahun 2019.

"Pemilu 2014 lalu kami menargetkan enam kursi dan itu tercapai, pada Pemilu 2019 nanti kami menargetkan bisa lebih dari itu," kata Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur Parimus di Sampit, Minggu.

Saat pemilu 2014, dengan perolehan enam kursi tersebut, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu mampu meraih satu dari dua kursi Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, yang dipercayakan diduduki oleh Parimus. Saat Pemilu 2019 nanti, partai ini optimistis mampu mempertahankan capaian itu, bahkan meningkatkannya.

Pada Minggu siang, Partai Demokrat Kotawaringin Timur menyerahkan daftar bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum setempat.

Partai tersebut mendaftarkan 40 bakal calon anggota legislatif yang terbagi pada lima daerah pemilihan, sesuai kuota maksimal berdasarkan jumlah kursi DPRD.

Parimus mengatakan, bakal calon anggota legislatif yang didaftarkan merupakan kader terbaik di daerah pemilihan masing-masing. Mereka juga memenuhi ketentuan jumlah minimal 30 persen bakal calon anggota legislatif perempuan.

Selain kader lama, Partai Demokrat juga mengusung bakal calon legislatif dari mantan birokrat atau pejabat yang baru pensiun dari pegawai negeri sipil, yakni satu mantan kepala badan, dua orang mantan camat serta dua mantan kepala desa.

Parimus juga mengakui beberapa bakal calon legislatif merupakan politikus yang sebelumnya anggota partai politik lain. Pihaknya menerima dengan tangan terbuka siapa pun yang ingin bergabung dan berjuang bersama Partai Demokrat.

"Sesuai dengan aturan KPU, partai kami juga mendukung mencalonkan kader yang bersih dari kasus hukum. Dengan sumber daya yang dimiliki, kami yakin bisa berkontribusi lebih besar lagi bagi masyarakat dan daerah," ujar Parimus.

Sementara itu, Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, Partai Demokrat merupakan partai politik kedua yang menyerahkan daftar bakal calon legislatif. Sebelumnya, Partai Perindo merupakan partai pertama yang menyerahkan berkas bakal calon legislatif.

"Syarat pencalonan dan syarat calon akan kami periksa. Untuk verifikasi, kami bekerja sama dengan tujuh instansi sesuai kewenangannya masing-masing," kata Fathonah didampingi empat anggota KPU lainnya.

KPU mengimbau partai politik lainnya segera menyerahkan menyerahkan berkas daftar bakal calon anggota legislatif. Hal itu untuk mengantisipasi adanya persyaratan yang kurang sehingga masih cukup waktu untuk melengkapinya.

Jadwal penyerahan berkas bakal calon legislatif akan ditutup pada 17 Juli pukul 24.00 WIB. KPU mempersiapkan diri mengantisipasi menumpuknya pendaftaran di hari terakhir nanti.