Lima pelaku kejahatan jalanan di Palangka Raya telah berhasil dibekuk

id polres palangka raya, pelaku kejahatan jalanan, jambret, pencuri sepeda motor

Lima pelaku kejahatan jalanan di Palangka Raya telah berhasil dibekuk

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar. (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil membekuk lima orang pelaku kejahatan jalanan yang beraksi di daerah setempat selama sepekan ini. 

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar membenarkan lima orang pelaku kejahatan dengan modus operandi jambret dan pencurian sepeda motor yang sering mereka lakukan di beberapa lokasi di daerah setempat. 

"Kelima orang pelaku kejahatan ini sudah mendekam di Rutan Mapolres Palangka Raya, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kasus mereka masih dilakukan pengembangan, karena kuat dugaan tindak kejahatan jambret dan pencurian sepeda motor yang dilakukan mereka tidak hanya satu kali melainkan beberapa kali, " kata Timbul di Palangka Raya, Kamis. 

Para pelaku tersebut juga terbilang sangat ganas ketika menjalankan aksinya di lokasi kejadian. Bahkan tidak tanggung-tanggung ketika beraksi pelaku sempat berusaha mencederai para korbannya, sehingga tas milik korban berhasil dibawa kabur pelaku. 

Modus pencurian motor yang selama ini terjadi, para pelaku memanfaatkan kelalaian para korbannya, antara lain pemilik lalai kunci sepeda motor masih menempel, tidak dikunci stang atau parkir di tempat gelap. 

"Dari tangan pelaku curanmor kita berhasil mengamankan sekitar lima unit sepeda motor hasil curian. Terungkapnya kasus curanmor tersebut, ketika pelaku menjual kepada seorang penadah sehingga kasus itu bisa kami bongkar," ungkap perwira berpangkat melati dua itu. 

Orang nomor satu di Polres Palangka Raya tersebut mengimbau, kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar selalu waspada ketika berada di jalan raya, baik malam hari maupun siang hari. 

"Apabila ketika berada di jalan raya ada yang membuntuti, saran saya segeralah berhenti di suatu tempat yang ramai atau laporkan kejadian tersebut ke kantor polisi. Jangan pernah memakai perhiasan yang berlebihan, karena hal itu salah satu pemicu tindak kejahatan muncul, " tandasnya.