Legislator sebut media massa berperan penting sukseskan pilkada

id Legislator sebut media massa berperan penting suksesnya pilkada, kalteng, Palangka raya, pemilu

Legislator sebut media massa berperan penting sukseskan pilkada

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha mengatakan, media massa turut berperan penting dalam mewujudkan suksesnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah ini.

"Media massa merupakan elemen penting dalam sebuah negara demokrasi. Bertumbuh dan berkembangnya demokrasi tak lepas dari peran media," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, pentingnya pelaksanaan pilkada yang sukses harus ada keterlibatan seluruh pihak dalam mendukung prosesnya berjalan lancar, salah satunya seperti peran serta Pers melalui media massa masing-masing yang tentu memiliki peranan krusial.

Pengawasan yang cermat dan objektif oleh awak media massa menjadi kunci untuk memastikan integritas dan transparansi dalam pelaksanaan pilkada, membantu masyarakat memahami secara mendalam setiap tahapannya.

"Implementasi nyata dari berjalannya demokrasi terlihat dalam pilkada yang dilakukan secara demokratis," ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR apresiasi program beasiswa Pemprov Kalteng

Lebih lanjut Ridha mengungkapkan, dalam menghadapi kompleksitas penyelenggaraan Pilkada 2024, terutama dalam ranah kebebasan digital, juga perlu melibatkan pengelola akun media sosial (medsos) dalam mengatasi tantangan. Medsos menjadi arena besar yang memiliki potensi konflik.

Oleh karena itu, peran media massa juga sangat strategis dalam menangkal potensi konflik akibat isu yang beredar di medsos, dengan fokus pada tindakan positif seperti memberikan edukasi dan mendeskripsikan seluruh aspek pemilu, baik itu pelaksanaan maupun profil kandidat peserta pemilu.

"Keberadaan media harus masif dalam mendorong berjalannya pilkada yang berkualitas dan demokratis,” ujarnya.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah pentingnya adalah media massa harus terus menyajikan informasi dengan keseimbangan dan netralitas, mencakup berbagai sudut pandang.

Melalui upaya ini, masyarakat diharapkan dapat menerima informasi yang benar dan seimbang. Selama ini, banyak informasi tidak benar yang beredar di media sosial yang dikhawatirkan dapat memengaruhi masyarakat.

“Dengan adanya informasi yang aktual maka dapat memperkuat dan meyakinkan masyarakat untuk menjadi bagian dalam pesta demokrasi. Di sinilah peran penting media,” demikian Noorkhalis Ridha.

Baca juga: KONI Kalteng siapkan pelatprov jelang PON XXI Aceh-Sumut

Baca juga: Fisipol UMPR perkuat kolaborasi dengan alumni

Baca juga: Permohonan m-paspor di Palangka Raya per hari mencapai 50 orang