Jangan abaikan keputihan, penyakit berbahaya bisa menyerang

id keputihan,diabetes,penyakit menyerang

Jangan abaikan keputihan, penyakit berbahaya bisa menyerang

Ilustrasi (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Bila Anda mengalami keputihan tak kunjung sembuh, sebaiknya waspada, karena bisa saja merupakan salah satu gejala diabetes, ujar spesialis penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Tri Tarigan. 

"Kalau orang kencing manis (diabetes), sel pertahanan tubuhnya, yaitu leukosit yang membunuh kuman berkurang, sehingga kemampuannya untuk membunuh bakteri atau kuman menjadi lemah. Bila mengalami keputihan, jadi enggak sembuh-sembuh," kata dia dalam temu media, di Jakarta, Selasa. 

Tarigan menekankan, keputihan ini terjadi bukan menjelang menstruasi dan terjadi terus menerus disertai rasa gatal di bagian vagina. 

Menurut dia, kondisi akan terus terjadi selama gula darah penderita tak kunjung normal. "Bukan keputihan menjelang menstruasi. Waspadai gejala keputihan, gatal, kental, terus menerus. Selama gula darah tak tidak turun (normal), keputihan datang terus," kata dia. 

Diabetes merupakan penyakit dengan karakteristik gula darah yang tinggi karena adanya kelainan sekresi insulin. Kadar gula darah normal berada di bawah angka 140 mg/dl. 

Sementara bila mencapai 140-199 mg/dl maka termasuk dalam kategori pra-diabetes. Sedangkan bila mencapai di atas 200 mg/dl, maka dikategorikan diabetes.