Pemprov rutin adakan tari daerah untuk tingkatkan kualitas

id tari daerah,tari kalteng,seni,disbudpar kalteng

Pemprov rutin adakan tari daerah untuk tingkatkan kualitas

Penampilan salah satu tarian daerah khas Kalimantan Tengah (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan pembinaan kepada para seniman tari di daerah itu.

"Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing, kami selalu melibatkan dan menampilkan seni tari daerah ini dalam setiap acara serta mengadakan lomba tari secara rutin," kata Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan di Palangka Raya, Selasa.

Pihaknya juga mengikutkan sanggar tari yang dinilai layak untuk mengikuti perlombaan seni tari di tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Dia mencontohkan salah satu keberhasilan pembinaan tersebut seperti diraihnya predikat juara pada Parade Tari Nusantara 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Keberhasilan tersebut menjadi kebanggaan masyarakat Kalteng. Selama 37 tahun pelaksanaan Parade Tari Nusantara, piala tersebut merupakan yang pertama kali dibawa pulang oleh Kalteng.

Dia menjelaskan pada perlombaan tingkat nasional tersebut, Provinsi Kalteng diwakili sanggar tari asal Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pada perlombaan tari yang diikuti perwakilan provinsi se Indonesia itu, kontingen asal Kalteng membawakan Tarian Balian Dadas yang merupakan tarian adat masyarakat Dayak di Kalteng untuk meminta kesembuhan kepada Ranying Hatala Langit (Tuhan) bagi mereka yang sakit.

Guntur menambahkan kesuksesan kontingen Kalteng dalam Parade Tari Nusantara tersebut, ditandai dengan meraih banyak nominasi juara.

Nominasi yang diraih tersebut di antaranya penyaji wilayah Kalimantan, penata tari terbaik, penata musik unggulan, penata rias busana terbaik, penata rias busana unggulan serta nominasi 13 penyaji unggulan.

Guntur pun berharap Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan pemerintah kabupaten/kota di Kalteng seluruhnya semakin memperhatikan sanggar-sanggar seni yang ada.

"Seni tari merupakan identitas daerah yang harus dijaga dan dilestarikan. Kita harus selalu meningkatkan kualitas sehingga nantinya Kalteng bisa semakin dikenal. Salah satunya karena seni tari daerahnya," kata Guntur.