AFP Kalteng tingkatkan kapasitas wasit, pacu kualitas futsal daerah

id futsal, afp kalteng, asosiasi futsal provinsi, sutoyo, kursus wasit level II, sepakbola, kalimantan tengah, koni

AFP Kalteng tingkatkan kapasitas wasit, pacu kualitas futsal daerah

Pelaksanaan kursus wasit futsal level II yang dilaksanakan Asosiasi Futsal Provinsi Kalteng, di Aula BPMP, Jalan Tjilik Tiwut km 4, Palangka Raya, Rabu (14/4) malam. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalimantan Tengah (Kalteng) meningkatkan kapasitas wasit melalui kegiatan kursus wasit futsal level II di Kota Palangka Raya.
 
"Ini bagian program AFP Kalteng dalam meningkatkan SDM dan kualitas futsal di Kalteng dan daerah lainya," kata Ketua AFP Kalteng Sutoyo di Palangka Raya, Kamis.
 
Kursus peningkatan kapasitas wasit futsal ini diikuti sebanyak 31 orang. Tak hanya berasal dari wilayah Kalteng seperti Palangka Raya, Barito Utara, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Kapuas, maupun Lamandau, tetapi juga dari Kalimantan Timur seperti Paser, maupun dari Tabalong, Balangan dan Banjarmasin Kalimantan Selatan.
 
Program ini menjadi salah satunya terobosan Ketua AFP Kalteng Sutoyo sekaligus implementasi dari komitmennya dalam meningkatkan kualitas SDM maupun membangkitkan cabang olahraga futsal.
 
"Dengan adanya wasit yang profesional, maka akan menunjang serta semakin memacu perkembangan cabor futsal khususnya di Kalteng agar semakin baik lagi," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng resmi luncurkan logo Hari Jadi ke-67
 
Sutoyo pun mengapresiasi dukungan Pemprov Kalteng, KONI Kalteng dan Asprov PSSI Kalteng yang membantu kegiatan ini sehingga berjalan sukses. 
 
Kegiatan ini turut dihadiri Asprov PSSI Kalteng yang diwakili Exco bidang Futsal M. Yadi, Sekum AFP Kalteng Bobby DW Gandrung, dan instruktur wasit futsal nasional, Yuli Suratno dan Noviandry, dan didampingi oleh Wasit Level I Nasional Kalteng M. Misbah dan Abdul Chalik. 
 
Sekum AFP Bobby Gandrung mengatakan, kursus ini menjadi bagian dari upaya Asosiasi Futsal Kalteng dalam mengembangkan SDM serta bersama-sama dengan Asprov PSSI Kalteng meningkatkan kualitas futsal. 
 
"Dengan adanya kursus wasit ini, semoga dapat meningkatkan SDM wasit dan kualitas futsal ke depa untuk futsal Kalteng bangkit dan berprestasi," harapnya.
 
Apalagi ke depan kompetisi terjadwal cukup padat, seperti Liga Futsal Nusantara Kalteng, usia dini hingga lainya. Oleh karenanya semua pihak diminta dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
 
Exco Bidang Futsal Asprov PSSI Kalteng, M. Yadi mengapresiasi AFP Kalteng yang berkoordinasi dengan Asprov untuk melaksanakan kursus wasit dan pelatih.
 
"Futsal mulai bergerak untuk meningkatkan kualitas SDM, baik wasit dan pelatih. Melalui kursus ini, wasit futsal kami harap semakin banyak berlisensi," tuturnya.
 
Salah satu peserta, Nupiansyah, menyampaikan dirinya ikut kursus untuk meningkatkan pengetahuan dalam wasit futsal dan peningkatan SDM. Hal ini menjadi bagian yang bagus dalam program pengurus futsal Kalteng.
 
“Kegiatan ini bagus dan resmi. Kawan-kawan juga antusias. Kami pecinta futsal menyambut baik dan berterima kasih kepada AFP Kalteng yang memfasilitasi kursus ini,” katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng berencana bangun jalan khusus angkutan PBS

Baca juga: Wagub Kalteng: Perencanaan pembangunan jabaran dari harapan masyarakat

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan delapan langkah preventif dan edukatif berantas korupsi