AFP Kalteng selenggarakan Liga Futsal Nusantara, pacu SDM dan semangat berkompetisi

id futsal kalteng, afp kalteng, sutoyo, futsal, sepakbola, lfn, liga futsal nusantara, kalimantan tengah

AFP Kalteng selenggarakan Liga Futsal Nusantara, pacu SDM dan semangat berkompetisi

Kesiapan Liga Futsal Kalteng di Gor Indoor, Palangka Raya, (1/5/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelenggarakan Liga Futsal Nusantara regional Kalimantan Tengah sebagai sarana memacu pengembangan sumber daya manusia (SDM) para atlet sekaligus semangat berkompetisi.
 
"Ini salah satu upaya AFP Kalteng dalam meningkatkan SDM dan kompetisi usia dini yang terus dilakukan untuk olahraga di Kalimantan Tengah," kata Ketua AFP Kalteng Sutoyo di Palangka Raya, Sabtu.
 
Adapun ini merupakan program dan kegiatan lanjutan dari AFP Kalteng yang sebelumnya sukses melaksanakan serta menyelesaikan kursus wasit futsal dan pelatih futsal nasional.
 
"Selama satu bulan kemarin kami sudah menyelenggarakan kursus wasit dan pelatih futsal nasional. Selanjutnya 2-7 Juni 2024 AFP Kalteng menggelar Liga Futsal Nusantara region Kalteng, yang diikuti anak-anak U-23," jelasnya.

Baca juga: Wagub Kalteng: Pancasila mampu mempersatukan rakyat
 
Sutoyo menjelaskan LFN Kalteng diikuti sebanyak sembilan tim, yakni Vasco Lesmana dari Lamandau, Tunas Muda dari Barito Timur, Gen 18 FC dari Kotawaringin Timur, dan Matan Andau dari Gunung Mas.
 
Kemudian UPR dari Palangka Raya, BMB Putra dari Palangka Raya, AFK Kobar, TM Fc dari Kapuas, serta Barinjam FC dari Sukamara. Sedangkan tim putri sebanyak tiga tim, meliputi BMB Putri dari Palangka Raya, Putri Lesmana dari Lamandau, serta SJ Winey dari Barito Timur. 
 
Lebih lanjut Sutoyo memaparkan, gelaran kompetisi ini sekaligus bentuk dukungan Gubernur, Wakil Gubernur dan Pemprov Kalteng dalam memberikan semangat untuk masyarakat, terutama pecinta olahraga futsal.
 
"Kami ingin membangun futsal ini sampai ke Porprov hingga Pra PON. Semoga lolos PON 2028. Mohon doanya kepada semua lapisan masyarakat,” pintanya.
 
Pihaknya juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan rekan-rekan daerah yang mengirimkan tim. Diharapkan gelaran ini terus berkembang dan semakin besar lagi.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu biaya sarana produksi 26.181 pelaku usaha perikanan

Baca juga: Disdagperin Kalteng sidak dan ukur berat tabung gas elpiji tiga kilogram

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan Kartu Tani Berkah untuk puluhan ribu petani