Petani dapat bantuan rumah pembibitan dari BI Kalteng

id BI Kalteng,petani dapat bantuan screen house,rumah pembibitan palangka raya,Program Sosial Bank Indonesia,PSBI

Petani dapat bantuan rumah pembibitan dari BI Kalteng

Kepala BI Perwakilan Kalteng Wuryanto (tengah) dan sejumlah pihak foto bersama di depan rumah pembibitan, Jalan Misik Kelurahan Kalampangan, Kamis (30/8/18). (Foto istimewa)

Pemberian bantuan rumah pembibitan tersebut dapat menjadi penyangga inflasi, berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan para petani yang tinggal di jalan Misik tersebut, sekaligus memotivasi masyarakat, khususnya pemuda untuk bertani
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Petani yang tergabung dalam kelompok Tani Bina Lestari Kelurahan Kalampangan, Kota Palangka Raya, mendapat bantuan rumah pembibitan seluas 450 meter persegi dari Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah.

Bantuan itu bukan hanya untuk pembibitan tapi juga tempat untuk menanam sejumlah tanaman agar mampu bertahan dari cuaca ektrim yang biasa terjadi di provinsi ini, kata Kepala BI Perwakilan Kalteng Wuryanto, saat menyerahkan rumah pembibitan, di Palangka Raya, Kamis.

"Jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah pembibitan itu cabai dan bawang. Jadi, kami berharap dengan adanya rumah pembibitan itu, hasil panen cabai dan bawang bisa lebih meningkat. Sampai sekarang kan produksi dua komoditas itu masih relatif rendah di Kalteng," ucapnya.

Rendahnya produksi cabai dan bawang tersebut, bukan hanya membuat ketergantungan Provinsi Kalteng terhadap Kalteng sangat tinggi, tapi juga sering menjadi penyumbang inflasi.

Dia mengatakan, Selain memberikan rumah pembibitan, BI Kalteng juga akan menyediakan wadah tanam dengan pola hidroponik. Wadah tersebut dapat digunakan untuk tanaman sayur-sayuran oleh kelompok Tani Bina Lestari.

"Pemberian bantuan rumah pembibitan tersebut dapat menjadi penyangga inflasi, berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan para petani yang tinggal di jalan Misik tersebut, sekaligus memotivasi masyarakat, khususnya pemuda untuk bertani," ucapnya.

Diberikannya bantuan BI Kalteng melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Kelompok Tani Bina Lestari, karena selama ini telah menjalankan budidaya tanaman buah, antara lain buah naga, jambu kristal, melon dan pisang. Selain itu, menanam cabai, bawang, seledri, kangkung dan bayam serta jual beli bibit tanaman.

Dalam penyerahan tersebut turut hadir perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng, Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalteng, Camat Sebangau, Lurah Kelampangan, Penyuluh Pertanian Kelurahan Kelampangan, dan Anggota Kelompok Tani Bina Lestari.
 
BI Perwakilan Kalteng bersama sejumlah pihak menanam bibit selada merah di wadah tanaman holtikultura yang diberikan, di Jalan Misik Kelurahan Kalampangan. (Foto istimewa)

Setelah dilakukan penyerahan screen house kepada Kelompok Tani Bina Lestari, juga dilakukan penanaman perdana bibit cabai oleh Kepala Perwakilan BI Kalteng bersama dengan undangan yang hadir, serta penanaman selada merah secara hidroponik dalam area rumah pembibitan.