Ormas dan LSM Seruyan diminta tingkatkan kontribusi terhadap pembangunan

id Ormas dan LSM Seruyan diminta tingkatkan kontribusi terhadap daerah,Kesbangpol,Kuala Pembuang

Ormas dan LSM Seruyan diminta tingkatkan kontribusi terhadap pembangunan

Asisten Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto saat membuka sosialisasi pembinaan ormas dan LSM se Kabupaten Seruyan, Senin (10/9/2018). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat).

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menginginkan agar organisasi kemasyarakatan (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) meningkatkan kualitasnya sehingga mampu berkontribusi secara optimal dalam pembangunan.

"Untuk mendukung itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seruyan siap lebih banyak melaksanakan kegiatan yang bersifat pembinaan dan pemberdayaan," kata Asisten Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto di Kuala Pembuang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Agus saat membuka sosialisasi pembinaan organisasi kemasyarakatan dan LSM di aula Kesbangpol Seruyan. Kegiatan ini diikuti 60 perwakilan ormas dan LSM se-Kabupaten Seruyan.

Pemerintah daerah berharap ormas dan LSM memiliki sistem informasi yang jelas sehingga mampu meningkatkan perannya berkontribusi dalam membantu berbagai bidang pelayanan publik. Mereka juga harus tertib administrasi sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Agus, ormas dan LSM harus mampu meningkatkan partisipasinya, serta dapat bertindak secara kreatif dan inovatif dalam keberdayaan masyarakat.

"Kalau tidak kreatif dan inovatif maka akan sulit bagi ormas dan LSM untuk berkembang. Apalagi di era globalisasi saat ini, jika tidak berusaha untuk mengembangkan diri maka akan tergerus oleh zaman," katanya.

Masyarakat di Kabupaten Seruyan merupakan masyarakat multikultural, yaitu terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang hidup secara berdampingan dalam suatu perbedaan. Sebagai mitra pemerintah, ormas dan LSM harus mampu menjadi sarana penyalur kegiatan dan aspirasi masyarakat dalam keberagaman tersebut.

"Sebagai mitra pemerintah, ormas maupun lsm harus mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan solusi yang baik, melalui pola pikir dan wawasan yang luas guna menekan potensi konflik yang mungkin terjadi," ujarnya.

Mereka yang tergabung sebagai pengurus ormas dan LSM harus benar- benar mengerti tugas dan fungsinya. Tujuannya agar dalam menjalankan tugasnya tidak akan salah sasaran.

Peran strategis ormas dan LSM di antaranya mampu menjalankan fungsinya sebagai sarana penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota atau tujuan organisasi, sebagai penyalur aspirasi masyarakat serta mampu memenuhi pelayanan sosial.

Pemerintah daerah berharap bisa membina ormas dan LSM secara berkelanjutan dan mampu menghasilkan sinergitas dalam memelihara persatuan dan kesatuan.