Macam-macam gerakan yoga untuk pekerja kantoran

id Yoga,kerja,kantor,olahrga,gerakan yoga di kantor

Macam-macam gerakan yoga untuk pekerja kantoran

Ilustrasi (http://www.freestockphotos.biz)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Berada di depan layar komputer selama jam kerja dapat menimbulkan kekakuan pada otot dan sendi yang berujung pada masalah kesehatan seperti sakit pinggang, punggung dan migrain yang kerap dihadapi para pekerja kantoran.

Untuk menghindarinya masalah itu, Anda bisa melakukan gerakan yoga yang mudah dipraktikkan di meja kerja.

Instruktur yoga, Deera Dewi, memberikan beberapa pose yang bisa Anda lakukan ketika badan mulai pegal atau tidak enak saat berada di kantor. Berikut ulasan singkatnya:

1. Open body

Mengetik di depan komputer, membuat tubuh Anda sering membungkuk dalam waktu lama. Lakukanlah gerakan ini untuk mengembalikan posisi otot seperti semula.
 
Gerakan open body (Antara/Maria Cicilia Galuh)


2. Twisting

Gerakan ini sebenarnya biasa dilakukan ketika Anda mulai perasa pegal. Putar badan ke kiri dan ke kanan untuk meregangkan otot. Masing-masing dengan delapan hitungan napas.
 
Gerakan twisting (Antara/Maria Cicilia Galuh)


3. Hips opener

Gerakan ini untuk melancarkan aliran darah di bagian bawah tubuh. Dengan gerakan ini, maka darah dan oksigen mengalir dengan baik.
 
Gerakan hips opener (Antara/Maria Cicilia Galuh)


4. Forward bend

Gerakan ini berguna untuk melemaskan seluruh otot dari kaki sampai punggung setelah lama duduk.

"Melakukan ini enggak perlu lama-lama, 5 menit cukup. Kalau misalnya, kerja udah 2 jam duduk terus, badan mulai kerasa enggak enak, lakukan aja yoga. Kalau badan enak, darah lancar akan pengaruh ke mind. Kerja jadi lebih fokus dan kreatif," papar Deera saat berbincang di Jakarta.

 
Gerakan forward bend (Antara/Maria Cicilia Galuh)