BPS salut siswa SMA Kalteng paham statistik

id bps kalteng,bps,cerdas cermat bps kalteng,Kabid Statistik dan Kejahteraan BPS Kalteng,Mokhamad Haris ,kalimantan tengah

BPS salut siswa SMA Kalteng paham statistik

Kasi Statistik dan Kejahteraan BPS Kalteng Mokhamad Haris di sela-sela final lomba cerdas cermat dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN), di Palangka Raya, Senin (24/9/18)

Kami tidak menyangka mereka bisa paham sampai sedalam itu
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah salut dengan kemampuan dan pemahaman para siswa sekolah menengah atas di provinsi ini, terkait statistik dan produk-produk yang dihasilkan BPS.

Hal itu terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan kepada para siswa SMA dapat dijawab dengan cepat dan lugas, kata Kasi Statistik dan Kejahteraan BPS Kalteng Mokhamad Haris di sela-sela final lomba cerdas cermat dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN), di Palangka Raya, Senin (24/9/18).

"Dari pertanyaan seputar alamat website BPS Kalteng, siapa nama Kepala BPS Kalteng, mereka bisa dan tepat sekali jawabannya. Kami tidak menyangka mereka bisa paham sampai sedalam itu," tambah Ketua Panitia Lomba Cerdas Cermat BPS Kalteng itu.

Diselenggarakannya lomba cerdas cermat sebagai upaya memperkenalkan sekaligus meningkatkan pemahaman para siswa SMA terhadap Statistik, data dan produk-produk yang dihasilkan BPS dari tingkat nasional hingga provinsi maupun kabupaten/kota.

Haris mengatakan materi yang dilombakan dalam cerdas cermat itu, matematika dan statistik juga pengetahuan umum tentang lembaga BPS, khususnya kegiatan, program kerja, data hingga produk-produknya.

"Kita harapkan anak-anak muda ini juga melek dengan institusi BPS dan peduli dengan statistik," kata dia.

Lomba cerdas cermat Hari Statistik Nasional tingkat SMA sederajat diikuti oleh 16 SMA terbaik kabupaten/kota se-Kalteng. Jumlah pesertanya sebanyak 64 peserta yang terdiri dari 48 siswa dan 16 guru pendamping.

Setelah dilaksanakan empat tahapan, dari 16 SMA yang menjadi peserta, ada empat masuk ke final yakni SMA Negeri 1 Palangka Raya, SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 1 Sampit dan SMA Negeri 1 Kahayan Hilir, Pulang Pisau.

Dia mengatakan, Diluar dugaan dari Kabupaten Pulang Pisau yang merupakan Kabupaten baru dan hasil pemekaran bisa masuk final. Ini membuktikan kualitas pendidikan di Pulang Pisau sudah selevel dengan kabupaten lainnya.

"Sekarang masih berlangsung babak finalnya. Siapapun nanti yang menang, akan langsung diserahkan hadiahnya," demikian Haris.