Kementrian diminta evaluasi izin perkebunan sekitar Danau Sembuluh

id KPK OTT,OTT KPK,Izin Kebun,OTT DPRD Kalteng,Evaluasi Perkebunan,Pencemaran Lingkungan,Evaluasi Perizinan

Kementrian diminta evaluasi izin perkebunan sekitar Danau Sembuluh

Petugas KPK menunjukkan barang bukti berupa uang sebanyak Rp240 juta hasil OTT DPRD Kalteng saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/10/2018). KPK menetapkan tujuh orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap anggota Komisi B DPRD Kalteng terkait pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan dalam bidang perkebunan, kehutanan, penambangan dan lingkungan hidup di lingkungan Pemprov Kalteng tahun 2018. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc).

Kami berharap proses perizinan dilakukan dengan bagus
Jakarta (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau sejumlah kementerian yang relevan dengan perizinan untuk usaha perkebunan supaya segera melakukan evaluasi terkait dengan izin perkebunan di seluruh wilayah Danau Sembuluh, Kalimantan Tengah.

"Kami ingin menyampaikan juga kementerian yang relevan khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk segera mengevaluasi semua perkebunan sekitar situ," kata Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif di Gedung KPK RI, Jakarta, Sabtu.

Laode mengatakan hal tersebut setelah penetapan tujuh orang tersangka dugaan suap di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah oleh PT BAP terkait dengan perizinan perkebunan kelapa sawit di sekitar Danau Sembuluh, Kalteng.

Menurut informasi yang didapat oleh KPK, PT BAP telah lama beroperasi di wilayah Danau Sembuluh. Namun, perizinannya masih belum jelas.

Laode mengatakan bahwa KPK kini memiliki fokus pada pencegahan dan penindakan terkait dengan perkebunan, hutan, dan tambang sehingga KPK menginginkan perusahaan perkebunan dan tambang di wilayah Danau Sembuluh untuk dievaluasi.

"Kami berharap proses perizinan dilakukan dengan bagus. Akan tetapi, perlu juga diingat kalau dahulu kawasan tertentu yang mengeluarkan izin adalah bupati, nanti setelah perundang-undangan baru berlaku dari pihak gubernur," kata Laode.

Baca juga: Gubernur Sugianto anggap OTT DPRD Kalteng peringatan semua pejabat

Menurut Laode, hal itu perlu menjadi perhatian untuk mengetahui dari mana PT BAP mendapatkan izin untuk beroperasi.

"Saat sama juga Kementerian LHK, Pertanian, dan Agraria harus bisa evaluasi keberadaan kebun tersebut. Diketahui HGU masih bermasalah," kata Laode kembali mengingatkan.

Pada hari Sabtu (27/10), KPK menetapkan tujuh orang sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi di lingkungan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah terkait dengan perizinan perkebunan kelapa sawit di sekitar wilayah Danau Sembuluh, Kalteng.

Adapun tersangka yang diduga sebagai pihak penerima berjumlah empat orang, yaitu Ketua Komisi B DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Borak Milton (BM), Sekretaris Komisi B DPRD Provinsi Kalimantan Tengah PUN, anggota Komisi B DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Arisavanah (A), dan anggota Komisi B DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Edy Rosada (ER).

Pihak swasta yang diduga sebagai pemberi adalah Direktur PT BAP atau Wakil Direktur Utama PT SMART Tbk. (PT Sinar Mas Agro Resources and Technology) Edy Saputra Suradjat (ESS), CEO PT BAP Wilayah Kalimantan Tengah Bagian Utara Willy Agung Adipradhana (WAA), dan Manajer Legal PT BAP Teguh Dudy Syamsury Zaldy (TDS).

Baca juga: Bupati Seruyan prihatin OTT DPRD Kalteng

Sementara itu, TDS yang juga berstatus tersangka hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

"KPK berharap kasus ini juga menjadi catatan bagi para kepala daerah ke depan untuk memastikan terkait dengan perizinan-perizinan bagi pelaku usaha," pungkas Laode.

Baca juga: Walhi : OTT DPRD Kalteng momentum penegakan hukum terhadap kejahatan lingkungan