Pegawai Disdukcapil Kotim wakili Kalteng lomba kaligrafi

id Pegawai Disdukcapil Kotim wakili Kalteng lomba kaligrafi,MTQ,Kaligrafi,Khat al quran,Wakil bupati,Taufiq mukri

Pegawai Disdukcapil Kotim wakili Kalteng lomba kaligrafi

Kursani (dua dari kiri) dan juara MTQ Korpri asal Kotim lainnya berfoto dengan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri dan Sekda Halikinnor, Selasa (6/11/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Seorang pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Timur bernama Kursani akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada lomba kaligrafi dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri IV tingkat nasional di Jakarta  pada 8-18 November 2018.

"Ini menjadi kebangaan karena walaupun belum mampu menjadi juara umum, tapi ada pegawai Kotawaringin Timur yang melaju ke tingkat nasional. Kami berdoa semoga prestasi bisa diraih di tingkat nasional," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri didampingi Sekretaris Daerah Halikinnor di Sampit, Selasa.

Kotawaringin Timur berhasil membawa pulang delapan piala pada MTQ Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) IV Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Barito Timur pada akhir Oktober lalu. Dari delapan prestasi itu, satu gelar juara I berhasil diraih yaitu oleh Kursani pada cabang kaligragfi atau Khat Al Qur'an Kontemporer.

Taufiq mengatakan, prestasi yang telah dicapai diharapkan mampu menjadi motivasi untuk lebih meningkat lagi di tahun-tahun berikutnya. Dia yakin potensi yang dimiliki pegawai Kotawaringin Timur dalam hal seni keagamaan, mampu bersaing dengan pegawai dari daerah lain.

Khusus bagi Kursani, Taufiq berpesan agar terus berlatih dan mempersiapkan fisik dan mental. Kemampuan harus terus diasah sehingga mampu menampilkan yang terbaik dan mengalahkan peserta dari provinsi lain.

"Nanti yang diwakili bukan atas nama Kotawaringin Timur saja, tetapi Provinsi Kalimantan Tengah. Saya yakin dan kami semua mendoakan agar dia kembali meraih prestasi di cabang lomba tersebut," kata Taufiq.

Sementara itu, Kursani mengaku memang hobi melukis sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Bakat itu terus disalurkannya, di antaranya dengan mengikuti berbagai perlombaan, hingga kini saat dia sudah menjadi pegawai negeri.

"Saat di Barito Timur kemarin, musibah gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya, menjadi ide dalam khat yang saya buat, yakni ayat dari Surah Al Zalalah tentang kegoncangan. Alhamdulillah saat itu juri menilai karya saya yang terbaik," kata Kursani.

Dia mengaku bersyukur karena kemampuannya itu membawa berkah baginya. Dia berhasil menjadi juara I pada MTQ Korpri IV Provinsi Kalimantan Tengah. Bahkan atas prestasi itu, dia termasuk deretan peraih gelar juara yang dijanjikan akan diberangkatkan umrah oleh Gubernur H Sugianto Sabran.

Untuk menghadapi lomba di tingkat nasional, Kursani terus berlatih di sela kesibukannya menjalankan tugas di instansi yang melayani administrasi kependudukan. Untuk pemantapan, dia juga akan dilatih di Palangka Raya oleh seorang ustaz yang memang memiliki kemampuan mumpuni di bidang tulis indah Al Qur'an.

Kursani meminta doa seluruh masyarakat agar dia bisa mempersembahkan yang terbaik sehingga membawa pulang prestasi yang dapat membanggakan provinsi ini.