Ratusan kostum unik siap meriahkan 'Sampit Ethnic Carnival'

id Ratusan kostum unik siap meriahkan 'Sampit Ethnic Carnival',Pawai,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,Wisatawan,Ujung Pand

Ratusan kostum unik siap meriahkan 'Sampit Ethnic Carnival'

Suasana kemeriahan 'Sampit Ethnic Carnival' tahun 2017 lalu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Ratusan kostum unik akan ditampilkan untuk memeriahkan 'Sampit Ethnic Carnival' yang dilaksanakan di Taman Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah pada Sabtu (17/11) pagi.

"Sampai saat ini sudah ada 142 kostum dan 10 sanggar tari pesisir yang didaftarkan. Kami masih memberi kesempatan bagi yang ingin mendaftar. Selain peserta, juga nanti ada penampilan dari penampil yang bukan peserta lomba," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman di Sampit, Jumat.

Fajrurrahman mengatakan, banyak hal-hal baru yang ditampilkan dalam 'Sampit Ethnic Carnival' tahun ini. Panitia juga menyiapkan hadiah dengan total Rp65 juta bagi peserta terbaik yang penilaiannya dilakukan oleh tim juri.

Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan peninjauan bazar produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) oleh Bupati H Supian Hadi dan rombongan. Selain untuk memeriahkan acara, kali ini UMKM dilibatkan untuk memberi kesempatan pelaku usaha mempromosikan dan menjual produk mereka kepada wisatawan atau pengunjung yang datang.

Selanjutnya, rombongan menuju tenda kehormatan di area barat Taman Kota Sampit yang sekaligus dijadikan pusat kegiatan. Sebelum masuk, rombongan disambut upacara adat yaitu lawang sekepeng, injak telur dan tampung tawar.

Baca juga: Warga antusias siapkan kostum meriahkan 'Sampit Ethnic Carnival'

Usai pidato sekaligus pembukaan oleh bupati, acara dilanjutkan dengan suguhan hiburan, senam kreasi 'Meraih Bintang', sendra tari 'Simah Laut' dan tari kolosal. Acara kemudian diisi peragaan busana oleh tim, meliputi baju kreasi ethnic carnival, body painting, batik Kotim, kostum karnival Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta dilanjutkan dengan parade drumband.

Selanjutnya acara utama yaitu parade kostum karnaval oleh peserta lomba. Kostum yang ditampilkan sesuai dengan tiga kategori lomba yaitu landscape, fauna dan coastal culture.

Sampit Ethnic Carnival tahun 2018 mengusung tema 'Melalui Sampit Ethnic Carnival kita kuatkan budaya  daerah sebagai wujud refleksi revolusi mental bangsa'. Sedangkan subtema yang diangkat yaitu 'Beatifully Ujung Pandaran' atau keindahan Pantai Ujung Pandaran.

Baca juga: Usung keindahan Ujung Pandaran, 'Sampit Ethnic Carnival' berhadiah Rp65 juta

Panitia menetapkan kategori yang bisa dipilih peserta yakni tentang coastal culture atau budaya pesisir, inhabitans of the sea atau penghuni laut dan landscape and fauna atau lanskap dan satwa yang terkait kawasan pesisir.

Sementara itu, peserta akan diberangkatkan dari Taman Kota Sampit kemudian menyusuri rute Jalan Yos Sudarso, Achmad Yani, Suprapto, MT Haryono, AIS Nasution, Achmad Yani, Rahadi Usman, S Parman, DI Pandjaitan dan kembali ke titik awal.

"Setelah itu, baru lomba tari pesisir. Sampai saat ini, sudah ada 10 sanggar yang mendaftar. Mudah-mudahan besok harinya cerah dan acara berjalan lancar," harap Fajrurrahman.

Baca juga: Kualitas Peserta "Sampit Ethnic Carnival" Meningkat

'Sampit Ethnic Carnival' menonjolkan hasil kreativitas, seperti pakaian dan lainnya, namun tetap memasukkan unsur-unsur budaya daerah. Event ini tidak hanya menampilkan budaya Dayak, tetapi budaya suku-suku masyarakat lainnya yang kini menetap di Kotawaringin Timur.

'Sampit Ethnic Carnival' merupakan event tahunan yang masuk dalam kalender pariwisata Kotawaringin Timur. Kegiatan ini makin diminati masyarakat dan wisatawan sehingga diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisata ke kabupaten yang bertekad menjadi daerah tujuan wisata Kalimantan Tengah.

Pemerintah daerah sangat serius mengembangkan pariwisata daerah karena sektor ini diyakini akan mampu menjadi andalan baru membantu menopang perekonomian daerah dan masyarakat. Fajrurrahman mengajak wisatawan luar daerah berkunjung ke Kotawaringin Timur karena pariwisata di kabupaten ini sangat unik dan menarik.