Kalteng perlu sekolah kejuruan berbasis sektoral

id smk,kejuruan,sekolah,sektoral,pertambangan,perkebunan,batu bara,kelapa sawit,sekda,fahrizal fitri,dinas pendidikan,dinas tenaga kerja dan transmigrasi

Kalteng perlu sekolah kejuruan berbasis sektoral

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Jika SMK berbasis sektoral ada di Kalteng, kami yakin berbagai peluang kerja itu bisa dimaksimalkan oleh putra-putri daerah
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kalimantan Tengah memerlukan sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis sektoral, yakni sekolah kejuruan yang menyediakan jurusan berkaitan dengan sektor-sektor strategis di daerah.

"Sektor strategis yang ada di Kalteng saat ini, meliputi perkebunan, pertambangan serta kehutanan. Jadi harusnya sekolah kejuruan di daerah menyediakan jurusan yang sesuai dengan kondisi tersebut," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Selasa.

Saat ini, belum ada satu pun sekolah kejuruan yang benar-benar berbasis sektoral. Ia meminta agar kondisi tersebut menjadi perhatian dari dinas pendidikan setempat untuk segera ditindaklanjuti.

Banyaknya peluang kerja yang tersedia di perkebunan besar swasta, belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dikarenakan minimnya kompetensi yang dimiliki sehingga mengharuskan sebagian peluang diisi masyarakat yang berasal dari luar daerah.

"Jika SMK berbasis sektoral ada di Kalteng, kami yakin berbagai peluang kerja itu bisa dimaksimalkan oleh putra-putri daerah," tegasnya.

Fahrizal mencontohkan, seorang siswa mengambil jurusan yang berkaitan dengan perkebunan khususnya kelapa sawit. Maka saat perusahaan perkebunan mencari tenaga kerja baru, bisa langsung dihubungkan ke SMK tersebut.

Ini merupakan cara tepat, memperbesar peluang kerja bagi anak-anak yang ada di Kalteng. Untuk itu kedepan, Dinas Pendidikan setempat dituntut mampu menyiapkan siswanya menjadi tenaga kerja yang siap pakai.

"Bidang pertambangan batu bara juga masih menjadi sektor strategis di Kalteng. Peluang kerja yang seringkali tersedia yakni operator alat berat yang memiliki penghasilan cukup besar," ungkap Fahrizal.

Peluang ini pun harusnya bisa dimaksimalkan sekolah kejuruan yang ada di daerah, dengan menyediakan jurusan yang berkaitan dengan operator alat berat.

Sementara itu, saat ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng bekerjasama dengan pihak ketiga, akan mulai melaksanakan pelatihan operator alat berat pada tahun 2019.

Baca juga: Pelatihan operator alat berat strategis bagi Kalteng, kata Kadisnakertrans