Ribuan siswa SMK di Kalteng terima bantuan prakerin

id Bantuan prakerin siswa smk kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, sekolah menengah kejuruan

Ribuan siswa SMK di Kalteng terima bantuan prakerin

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan dana prakerin kepada salah satu perwakilan SMK, Palangka Raya, Kamis, (25/6/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Ribuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kalimantan Tengah menerima bantuan dana praktik kerja industri (prakerin) tahun 2020 dari pemerintah provinsi setempat.

"Bantuan dana prakerin ini kami salurkan kepada 10.180 siswa SMK se-Kalteng dengan nilai total Rp699 juta lebih," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sugianto kepada perwakilan sejumlah sekolah di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Pihaknya berharap melalui bantuan yang diberikan tersebut, mampu meningkatkan semangat para siswa-siswi SMK, khususnya yang akan melaksanakan prakerin di berbagai tempat berbeda.

"Prakerin merupakan sarana tepat bagi para siswa meningkatkan kemampuan atau keahliannya pada masing-masing bidang yang ditekuni. Sehingga memiliki bekal memadai saat memasuki dunia kerja nantinya," ungkapnya.

Baca juga: Gubernur instruksikan DKP Kalteng optimalkan bantuan nelayan

Baca juga: Sembilan pengendara reaktif saat tes cepat massal di Palangka Raya

Baca juga: Pengembangan lahan di Pulpis-Kapuas tak hanya untuk pertanian


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Mofit Saptono menjelaskan, bantuan dana prakerin yang disalurkan pemprov tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Para siswa-siswi SMK yang menerima bantuan tersebut berasal dari sekitar 92 SMK di Kalteng. Intinya bantuan ini kami salurkan untuk menunjang kebutuhan para siswa selama prakerin," ungkapnya.

Bantuan itu digunakan oleh masing-masing siswa untuk berbagai keperluan mereka selama prakerin, seperti biaya operasional, pembelian alat atau bahan jika memerlukan, serta kebutuhan lain.

"Bahkan sesuai instruksi Gubernur Kalteng, saya diminta berkoordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), agar pada 2021 mendatang nilai bantuan yang diberikan bisa ditingkatkan," jelas Mofit.

Pada kegiatan penyerahan secara simbolis tersebut, sejumlah kepala SMK di Kalteng berkesempatan menyampaikan pendapatnya langsung melalui konferensi video.

Umumnya mereka mengapresiasi kebijakan yang diambil Gubernur Kalteng Sugianto Sabran atas penyaluran bantuan dana prakerin dan berharap bisa terus berlanjut serta ditingkatkan kedepannya.

Baca juga: Kedisiplinan terapkan protokol kesehatan perlu ditingkatkan, kata Gubernur Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng raih WTP enam kali berturut-turut

Baca juga: Bupati/Wali Kota se-Kalteng harus tegas tangani masalah COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar