Pemkab dukung pengembangan olahraga aeromodelling di Seruyan

id Pemerintah kabupaten seruyan, pemkab seruyan, aeromodeling, atlet muda berbakat, cabang olahraga, porprov, dirgantara, kuala pembuang, sekda haryono

Pemkab dukung pengembangan olahraga aeromodelling di Seruyan

Bupati Seruyan Yulhaidir (tengah) didamping Sekda Seruyan Haryono (empat dari kanan) saat melihat pesawat aeromodeling di kawasan Stadion Gagah Lurus, Kuala Pembuang beberapa waktu lalu. (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendukung pengembangan berbagai cabang olahraga di wilayahnya, salah satunya adalah aeromodelling yang mulai diminati masyarakat setempat.

"Aeromodelling merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah lama dan baru berkembang di Seruyan," kata Sekretaris Daerah Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Senin.

Aeromodelling adalah olahraga dirgantara yang meliputi pembuatan dan penerbangan pesawat model tanpa awak dengan batasan ukuran, mesin dan bentuk yang ditentukan.

Haryono menjelaskan, kedepan pihaknya juga akan menggelar agenda yang berkaitan dengan cabang olahraga ini minimal tiga bulan sekali. Tujuannya adalah untuk menghasilkan bibit-bibit baru berbakat pada cabang olahraga tersebut.

Aeromodelling dinilai memiliki banyak manfaat jika dikembangkan di Seruyan, selain untuk mengukir prestasi, juga memiliki daya tarik wisata serta mendukung kemajuan perekonomian di daerah.

"Kami harapkan minat masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah setempat meningkat dan tertarik untuk memiliki jenis pesawat aeromodelling tersebut," ungkapnya.

Haryono menambahkan, bahkan tidak menutup kemungkinan aeromodelling nantinya bisa diikut sertakan pada Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah di tahun 2022 mendatang.

Untuk itu saat ini pemkab melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak terkait lainnya, fokus untuk menjaring atlet muda berbakat. Agar jumlah atlet aeromodelling di Seruyan semakin banyak, hingga bisa mewakili daerah pada event-event tertentu di tingkat provinsi bahkan nasional.

"Yang penting atlet atau peminat olahraganya dulu yang kami tingkatkan, kalau sudah banyak tentu akan memudahkan Seruyan berpartisipasi pada event-event besar di luar daerah," tutur Haryono.

Selain aeromodelling pihaknya juga secara serius ingin mengembangkan berbagai cabang olahraga lainnya, khususnya yang potensial dan banyak menghasilkan prestasi bagi daerah. Salah satunya adalah cabang olahraga atletik yang selama ini para atletnya seringkali mengharumkan nama Seruyan dengan segudang prestasi.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar