Jaga kerukunan antar umat beragama, kata Bupati Sukamara

id pemkab sukamara,windu subagio,kerukunan antar umat beragama,bulan suci ramadhan,ibadah puasa,toleransi antar umat beragama

Bupati Sukamara Windu Subagio. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengingatkan kepada semua pihak, untuk menjaga serta memelihara kerukunan antar umat beragama yang telah terjaga dan terpelihara dengan baik.

"Terlebih pada bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, kerukunan antar umat beragama penting untuk dijaga melalui penerapan sikap tenggang rasa dan saling menghormati antara satu dan lainnya," katanya di Sukamara, Jumat.

Perwujudan toleransi antar umat beragama, salah satunya dilakukan oleh warga yang tidak berpuasa dengan tidak makan ataupun minum dihadapan mereka yang sedang berpuasa.

Lebih lanjut Windu menjelaskan, meski kerukunan umat beragama di Sukamara sudah terpelihara dengan baik, pihaknya terus berupaya mengingatkan hal itu secara berulang, dengan harapan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Bukti kerukunan antar umat beragama di Sukamara adalah tidak pernah adanya konflik yang mengatasnamakan agama, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan. Ini merupakan modal penting membangun serta mewujudkan Sukamara yang maju," paparnya.

Semua pihak diminta saling menjaga dan menghargai, terlebih saat masing-masing umat beragama menjalankan ibadah di tempatnya. Pemerintah sudah memberikan jaminan, berupa kebebasan kepada umat beragama untuk melaksanakan ibadahnya.

Ia juga meminta kepada seluruh umat beragama di Sukamara memakmurkan tempat ibadahnya masing-masing dan kepada tokoh agama agar lebih memerhatikan pembinaan remaja atau generasi muda.

"Bersama-sama kita wujudkan Sukamara menjadi lebih makmur, aman dan damai, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok perdesaan," tuturnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar