Amalkan nilai Pancasila dalam kehidupan, kata Bupati Gunung Mas

id kabupaten gunung mas,gumas,bupati gunung mas,jaya s monong,pancasila,hari kelahiran pancasila

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (tengah) memberi keterangan kepada awak media, usai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Kuala Kurun, Sabtu (1/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Chandra)

...Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan agar persatuan dan kesatuan masyarakat selalu terjaga, serta tidak mudah terpecah belah.
Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak masyarakat di kabupaten setempat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila. Kita laksanakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Jaya usai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kuala Kurun, Sabtu.

Dia mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus diamalkan oleh siapa saja, tanpa terkecuali dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan agar persatuan dan kesatuan masyarakat selalu terjaga, serta tidak mudah terpecah belah.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' ini menyampaikan, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya. Keberagaman itu menjadi kekayaan tak ternilai bagi bangsa Indonesia.

"Agar keberagaman tersebut tidak menyebabkan bangsa Indonesia terpecah belah, sambung dia, maka nilai-nilai Pancasila harus benar-benar diamalkan dan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Jaya.

Dia menyampaikan, walau saat ini pengamalan nilai-nilai Pancasila belum dapat dilakukan secara sempurna, namun seluruh pihak tetap harus berusaha untuk melaksanakan dengan sungguh-sungguh, karena Pancasila adalah pemersatu bangsa dan negara.

"Saya juga meminta kepada masyarakat untuk mengingat kembali perjuangan para pendiri bangsa yang telah menggali nilai-nilai dasar negara, sehingga nusantara yang beragam ini dapat bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ajaknya.

Baca juga: Ini kuota Gunung Mas ikuti pelatihan BBPLK Bekasi

Oleh sebab itu, lanjut dia, masyarakat hendaknya menghormati apa yang telah dilakukan oleh para pendiri bangsa dan meneguhkan komitmen terhadap Pancasila, yang salah satu caranya adalah melalui peringatan hari kelahiran Pancasila.

Dia berharap peringatan hari kelahiran Pancasila ini tidak hanya menjadi acara seremonial semata, namun benar-benar dimaknai secara mendalam, dan menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

"Mari kita bangun kebersamaan untuk menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, dengan berpedoman kepada Pancasila. Kita semua harus optimis ke depan akan lebih baik lagi," demikian Jaya.    

Baca juga: Bupati Gunung Mas serukan jaga toleransi antarumat beragama

Baca juga: Ini fokus pembangunan Gunung Mas selama lima tahun

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar