Perkuat kekompakan harumkan Gunung Mas pada ajang FBIM, kata Ketua DPRD

id Perkuat kekompakan harumkan Gunung Mas pada ajang FBIM, kata Ketua DPRD,DPRD Gunung Mas,Gumer

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Gumer. (Foto Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah Gumer berpesan kepada kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kabupaten Gunung Mas untuk mengharumkan nama daerah selama mengikuti FBIM 2019 di Palangka Raya pada 17-22 Juni 2019 mendatang.

“Saya minta kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas memperkuat kebersamaan dan kekompakan demi meraih prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Gunung Mas pada ajang FBIM 2019,” kata dia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan, kebersamaan dan kekompakan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengikuti berbagai kompetisi. Oleh sebab itu, kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas harus dapat memperkuat kebersamaan dan kekompakan.

Melalui kebersamaan dan kekompakan yang kuat, lanjut dia, diharapkan kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau dapat meraih prestasi terbaik pada setiap cabang lomba yang diikuti.

Dia menyebut, seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas berharap kontingen dapat meraih prestasi maksimal. Namun hendaknya prestasi tersebut didapat dengan mengedepankan cara-cara yang menjunjung tinggi sportivitas.

“Prestasi harus diraih dengan cara yang jujur. Jangan sampai kita melakukan kecurangan hanya untuk meraih prestasi,” tegas legislator dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini.

Gumer juga berpesan kepada kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas agar selalu menjaga kesehatan serta memupuk percaya diri, sehingga dapat memberikan penampilan terbaik saat berkompetisi dan bersaing dengan kontingen dari berbagai daerah lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas M Rusdi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas M Rusdi optimis kontingen dapat meraih prestasi pada seluruh cabang yang diikuti.

Dikatakan, Kontingen Kabupaten Gunung Mas terdiri dari 100 orang yakni pendamping, pelatih, koordinator cabang lomba, serta peserta dari sembilan kecamatan, hasil Festival Budaya Mihing Manasa Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2018 lalu.

Gunung Mas akan mengikuti 10 cabang lomba yakni karnaval, karungut, habayang, balogo, mangaruhi, seni pencak silat membuka lawing sakepeng, dayung tradisional, masakan tradisional, manyipet, dan mengukir talawang serta memahat patung.

“Pemberangkatan kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas menuju Palangka Raya akan dilakukan pada Minggu, 16 Juni 2019. Nantinya kontingen ditampung di Hotel Dandang Tingang Palangka Raya,” demikian Rusdi.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar