Penguatan bela negara di Kalteng difokuskan pada generasi muda

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi kalimantan tengah, gubernur sugianto sabran, kesadaran bela negara, pancasila, undang-undang dasar, anggota dewan

Penguatan bela negara di Kalteng difokuskan pada generasi muda

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menerima kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Palangka Raya, Selasa, (18/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menjelaskan, penguatan bela negara harus difokuskan kepada generasi muda, yaitu melalui pendidikan di sekolah yang diberikan oleh para guru.

"Selama ini pelajaran terkait Pancasila hingga bela negara belum diperhatikan secara optimal. Kami ingin hal ini segera dibenahi dan diberikan secara benar kepada anak muda yang ada di Kalteng," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu ia ungkapkan saat menerima kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dalam rangka menghimpun informasi tentang pelaksanaan fungsi pertahanan keamanan, khususnya peningkatan kesadaran bela negara di era digital.

Sugianto mengatakan, seiring berjalannya waktu tampaknya pelajaran terkait hal tersebut kurang mendapat perhatian, sehingga perlu penguatan kembali.

Perlunya penguatan nilai-nilai Pancasila maupun bela negara kepada generasi muda, guna mengimbangi pesatnya perkembangan zaman maupun kemajuan teknologi informasi di masa kini.

Sebab kemajuan teknologi informasi saat ini seringkali disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, untuk menyebarkan informasi palsu atau hoaks serta hal-hal negatif lainnya.

"Memperkuat kesadaran bela negara melalui generasi muda, merupakan langkah efektif untuk memperkuat pertahanan daerah maupun negara di masa yang akan datang," tuturnya.

Ia menyebut, kokohnya pertahanan suatu negara tak hanya ditentukan oleh kekuatan militernya saja, namun juga dipengaruhi tingkat kesadaran masyarakat untuk membela tanah airnya.

Sementara itu Anggota Wantimpres Yusuf Kartanegara menjelaskan, untuk itu pihaknya sengaja datang ke daerah guna melaksanakan kunjungan kerja. Tujuannya adalah untuk memperoleh data yang benar terkait perkembangan kesadaran bela negara.

"Kami juga telah menghimpun data dari berbagai sumber lainnya. Makanya saat ini kami memerlukan data dari Kalteng untuk melengkapi kebutuhan tersebut," tuturnya.

Pada kunjungan kerjanya di Kalteng, pihaknya akan mendatangi sejumlah instansi, diantaranya Polda, Korem, Dinas Pendidikan, Badan Narkotika Nasional Provinsi dan beberapa lainnya. Nantinya hasil kajian tersebut akan dirangkum dan disampaikan kepada presiden.

 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar